Aku terlahir dan besar di Kecamatan Panarukan. Sebuah kecamatan yang memiliki nilai sejarah signifikan dan teringat hingga saat ini, yaitu pembangunan jalan Daendels dari Anyer sampai ke Panarukan.

For your information bahwa di Panarukan ada sebuah monumen 1.000 Km Anyer-Panarukan lho, guys. Monumen ini juga menarik untuk kalian kunjungi ketika kalian menikmati beberapa wisata Situbondo

Mata pencaharian sebagian besar penduduk panarukan adalah bertani dan nelayan, which is Panarukan terletak di pinggir pantai utara. Sebagai cucu dari seorang pegawai pelabuhan, aku sering banget menghabiskan waktu sore hariku di dermaga Panarukan tempat kakekku bekerja.

Wisata Situbondo

Di pelabuhan Panarukan ada beberapa peninggalan sejarah juga, karena banyak banget bangunan kuno dengan arsitektur yang khas. Seperti bangunan yang ada di bawah ini.

Wisata Situbondo

Tempat Asik untuk Menikmati Sunset

Seperti biasa, ketika sore hari aku selalu bermain ke pelabuhan untuk melihat aktivitas para nelayan yang prepare untuk melaut pada malam harinya. Langit tampak indah ketika sore hari dan cuaca yang mendukung banget.

Wisata Situbondo

Ada hal yang menarik ketika suatu sore aku ingin menikmati pantai di Panarukan, yaitu melihat keindahan ciptaan-Nya ketika matahari akan tenggelam. Masya Allah ternyata keren banget dan cocok bagi kalian para pemburu sunset, guys.

Wisata Situbondo

Keindahan gunung, perahu nelayan, dan matahari tenggelam yang ku lihat begitu indah. Sebetulnya wisata Situbondo itu banyak banget yang belum ku explore, aku ingin menulis lebih banyak lagi tentang destinasi wisata Situbondo yang belum banyak ter-expose.

Saatnya Mengunjungi Wisata Situbondo

Saat ini, banyak sekali destinasi wisata Situbondo yang harus kalian kunjungi, guys. Bukan hanya Taman Nasional Baluran saja, tetapi masih banyak lagi destinasi lain yang harus kalian kunjungi.

Tulisan ini juga mengajak kepada seluruh generasi muda Situbondo untuk turut mengenalkan Situbondo ke mata dunia, kalau bukan kita siapa lagi?

Pantai di Situbondo memiliki karakter ombak yang cukup tenang, dengan beberapa pasir yang putih dan juga pantai yang berpasir hitam. Yup, itulah salah satu pantai yang asik untuk menikmati sunset, guys. So,destinasi wisata Situbondo mana yang mau kalian datangi?

*****