Halo guys, akhirnya ketemu lagi nih dengan cerita traveling seru yang ku jalani. Nah, kali ini aku menghabiskan akhir pekanku di Ibukota Propinsi Jawa Timur yaitu Surabaya. Kenapa aku memilih Surabaya? Karena kebetulan di kota ini akan berlangsung acara tahunan yang sangat seru guys, dan acara tersebut adalah Surabaya Vaganza.

Banyak sekali rangkaian acara Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-725 tahun ini, salah satunya adalah Surabaya Vaganza. Penasaran kan bagaimana serunya acara tersebut? Yuk, simak cerita seruku sampai selesai hehehe.

Ini adalah pertama kalinya aku turut hadir dalam salah satu acara HJKS guys. Bermula dari teman SMP-ku yang bekerja di Surabaya tiba-tiba nge-tag instagram Surabaya bahwa akan ada acara Surabaya Vaganza.

Akhirnya aku penasaran dan mencari tahu acara HJKS tahun 2017 yang berlangsung tahun kemarin. Dari situ aku melihat sepertinya acara ini sangat seru dan aku penasaran untuk hadir secara langsung.

Tanggal 05 Mei 2018 aku memutuskan untuk berangkat menuju Surabaya dengan menggunakan motor matic andalanku guys. Cieee pada penasaran kan apa sih yang dimaksud dengan acara Surabaya Vaganza? Nah, berikut penjelasannya.

Surabaya Vaganza adalah salah satu rangkaian acara dari Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-725. Acara ini merupakan parade bunga dan budaya yang memiliki tujuan untuk memperkenalkan beberapa budaya Surabaya dan sekitarnya kepada masyarakat Surabaya dan luar Surabaya sepertiku, acara ini berlangsung hari Minggu tanggal 06 Mei 2018 kemarin.

Tujuan dari acara Surabaya Vaganza tak lain adalah sebagai etalase budaya yang memperkenalkan beberapa kebudayaan yang mungkin belum pernah kita ketahui sebelumnya guys. Selain itu, Surabaya Vaganza juga berperan sebagai wadah atau pun media promosi.

Surabaya Vaganza tahun ini memang sangat meriah karena diikuti oleh 83 peserta parade dari beberapa partisipan mulai dari anak sekolah, perguruan tinggi, komunitas, perusahaan swasta maupun negeri, partisipan dari kota lain,  partisipan dari luar negeri, delegasi UNICEF sebagai tamu undangan, serta dihadiri oleh Menteri ESDM (Energi dan Sumber daya Mineral). Wah luar biasa yah guys acara Surabaya Vaganza tahun ini.

Parade Surabaya Vaganza diberangkatkan langsung oleh Ibu Tri Rismaharini selaku Walikota Surabaya dan berjalan sejauh 5.4 KM yang dimulai dari Monumen Tugu Pahlawan dan Museum Sepuluh Nopember Surabaya hingga berakhir di Taman Bungkul guys.

“Surabaya Vaganza akan menjadi agenda tahunan untuk menarik minat turis mancanegara. Karena itu setiap tahunnya akan dikemas lebih menarik sehingga para peserta bisa semakin banyak dan dibanjiri masyarakat serta turis.”

Tri Rismaharini (Wali Kota Surabaya)

Acara Surabaya Vaganza ini sangat seru dan memiliki daya tarik tersendiri untuk mengunjungi Surabaya dan menyaksikan secara langsung. Hal yang sangat aku suka adalah antusiasme dari penonton dan partisipan yang sangat menggelora dan penuh semangat.

Secara keseluruhan, konsep yang di kemas dalam Surabaya Vaganza ini sangat edukatif, atraktif, dan informatif guys. Mengapa? Karena memberikan dan mengenalkan beberapa informasi dalam bentuk visual yaitu iring-iringan parade yang dapat di terima oleh semua kalangan guys, seperti :

Kebudayaan Tradisional

Nah, beberapa kebudayaan tradisional yang ditampilkan sangat beragam guys, kita dapat mengetahui beberapa kebudayaan lain selain kebudayaan Surabaya seperti Reog, karawitan, dll.

Kebudayaan Asing

Ada juga kebudayaan asing seperti kebudayaan yang dimiliki oleh kalangan Tionghoa yaitu barongsai dan juga diikuti oleh beberapa perwakilan dari Jepang sebagai partisipan.

Komunitas Unik

Partisipan dari komunitas unik seperti komunitas sepeda ontel pun turut memeriahkan acara Surabaya Vaganza guys. Sepeda ini dikendarai bukan hanya orang tua saja, tetapi juga anak-anak muda yang menyukai sepeda ontel.

Generasi Muda Produktif

Generasi muda yang berasal dari beberapa sekolah dan perguruan tinggi yang ada di Surabaya juga menampilkan beberapa penampilan seperti marching band, tari tradisional, dll.

Hal Menarik yang Kualami

Bagiku, menghadiri acara Surabaya Vaganza sangat menambah wawasanku mengenai kebudayaan di Propinsi Jawa Timur. Salah satunya adalah melihat kesenian Reog Ponorogo secara langsung.

Tak ketinggalan juga duta wisata Kota Surabaya “Cak Ning” yang sedang bertugas menambah citra bahwa generasi muda Indonesia harus tetap mencintai dan menghargai kebudayaan Indonesia.

Selain itu, aku juga melihat dan merasakan bahwa dasar negara Bhinneka Tunggal Ika sangat terasa sekali guys dengan beberapa penampilan peserta lain yang berasal dari luar Surabaya dan Luar Jawa.

Jadi, akhir pekan kali ini sangat berfaedah sekali bagiku guys, mengapa? Karena banyak kesan positif yang ku dapatkan seperti pengetahuan baru dan cara Kota Surabaya dalam mengadakan event bergengsi seperti ini.

Ada juga beberapa poin penting yang menurutku bisa dijadikan referensi untuk kota lain ketika akan melakukan acara sejenis, dan beberapa poin tersebut dapat menambah nilai dan citra kota tersebut, diantaranya adalah :

Tertib

Tertib memiliki arti bahwa pengamanan yang profesional, maksimal, dan totalitas penuh dalam mengatur jarak penonton dengan venue walaupun penonton ramai yang berdesakan.

Terstruktur

Kalau aku bilang sih guys, acara Surabaya Vaganza ini sangat terstruktur dengan baik mengenai rundown acara yang sudah di buat guys, sehingga sangat berkesan bagi penonton yang baru pertama kali menghadiri acara tersebut.

Lancar

Dalam memberangkatkan peserta satu dengan peserta lainnya, tidak ada kendala yang sangat signifikan, sehingga acara berjalan dengan lancar berkat kerjasama antara panitia dan peserta.

Kebersihan

Ini dia guys yang harus di contoh oleh beberapa daerah lain dalam mengadakan acara parade. Mengapa? Karena ketika peserta terakhir berjalan, secara langsung pasukan kuning membersihkan kotoran dan sampah bekas acara.

Seru kan guys akhir pekan yang ku rasakan di Surabaya? Iya dong seru banget pokoknya, apalagi aku adalah salah satu generasi muda yang menyukai kebudayaan dan seni. Nah, buat kalian yang penasaran bagaimana keseruan yang ku rasakan, yuk tonton video singkat di bawah ini guys.

Masih penasaran dengan keseruan dari acara Surabaya Vaganza? Atau ingin menyaksikan secara langsung? Nah, berarti kalian harus bersabar menunggu 1 tahun lagi guys hehehe. Acara ini bisa dijadikan agenda tahunan kalian juga lho guys untuk mengunjungi Surabaya dan traveling ke berbagai sudut di Surabaya.

Itulah tadi cerita singkat akhir pekanku yang sangat seru di kota terbesar kedua Indonesia setelah Jakarta dan memiliki julukan Kota Pahlawan. Thanks for read my article guys, don’t forget to leave your comment below and see you on my next trip.

Please follow and like us: