Indonesia memiliki berbagai macam bahasa, ras, suku, dan budaya yang berbeda-beda termasuk hasil kain yang sangat beraneka ragam antar daerah. Salah satu hasil kain yang sangat populer dan mendunia adalah kain batik. Batik memang terkenal sangat beragam motif dan warnanya, sehingga banyak masyarakat Indonesia maupun luar Indonesia yang menggunakan batik di berbagai macam acara. Seiring perkembangan jaman yang semakin maju, maka banyak sekali model dan kreasi batik yang di modifikasi oleh para designer.

Nah, selain terkenal dengan wisatanya yang sangat menarik, Banyuwangi juga merupakan kota yang memiliki sekitar 42 jenis motif batik lho guys. Kebetulan saya berkesempatan untuk bertemu langsung dengan salah satu putra daerah Banyuwangi yang memiliki talenta di bidang fashion khususnya batik. Beliau adalah Mas Isyam Syamsi, seorang designer ternama Banyuwangi yang memiliki jam terbang cukup tinggi dan berkarya dengan cinta, hati, dan rasa. Sekedar informasi nih guys, bahwa karya-karya Mas Isyam sudah digunakan oleh beberapa pageant seperti Puteri Indonesia, Mr. Teen, Putri Pariwisata, Mr. Tourism dan beberapa artis lainnya.

Bertempat di Ketapang Indah Hotel Banyuwangi, Gallery Batik “ISYAM SYAMSI Private Collection” juga memberikan beberapa fasilitas seperti free design, free ongkir untuk luar Banyuwangi, dan fashion consultant, lumayan juga kan guys kita bisa konsultasi mengenai model yang cocok buat kita. Pria dengan gelar Sarjana Ekonomi ini memiliki hobi menggambar sejak Beliau duduk di bangku SMP. Beliau juga sempat belajar mengenai fashion design secara langsung dengan senior designer  Alm. Ramli.

Sejak terjun ke dunia fashion, Mas Isyam telah menjuarai beberapa perlombaan dan festival yang ada di Indonesia, salah satunya adalah lomba design baju kerja wanita mewakili Banyuwangi di tingkat Propinsi dan mendapat juara 4. Selain perlombaan, Beliau juga sering mengadakan show tunggal dengan berbagai macam tema yang diangkat. Batik karya Beliau yang digunakan adalah batik asli Banyuwangi yang di buat langsung oleh pengrajin batik di Banyuwangi.

Nih guys beberapa motif batik yang sangat populer di telinga kita dan beberapa story yang terkandung di dalam sebuah motif batik.

Gajang Oling

Motif ini memilik makna sebesar, sesukses, dan sehebat apapun manusia haruslah tetap ingat dengan Sang Pencipta Alam Semesta serta selalu tunduk pada-Nya.

Kopi Pecah

Motif ini menggambarkan ketangguhan dalam menghadapi perMasalahan, hambatan dalam tugas pekerjaan bak pahitnya si hitam kopi, engan sedupan rasa dan aroma kopi yang telah diolah melalui untaian proses pengolahannya niscaya mampu menyuguhkan semangat kinerja untuk membangun Banyuwangi ke depan lebih baik lagi.

Joyo Binangun

Motif ini memiliki makna meniti hidup dengan karya dan kreatifitas menuju kejayaan tanpa melupakan dan selalu berdoa pada Tuhan YME.

Kangkung Setingkes

Motif ini memiliki makna pentingnya kerukunan, persatuan dan kesatuan.

Paras Gempal

Motif ini memiliki makna sekeras apapun kesulitan hidup akan terasa ringan apabila kita bekerja keras untuk mencapai kemakmuran dan tujuan hidup.

Sekar Jagad

Motif ini memiliki makna keindahan dan keragaman di seluruh dunia.

Kembang Kantil

Motif ini memiliki makna penakluk hati untuk seseorang yang di cintai supaya lebih sayang dan takluk hatinya.

Manok Carok

Motif ini memiliki makna pertemuan dua sejoli untuk mencapai kebahagiaan hidup

Saat saya berkunjung dan wawancara secara langsung dengan Beliau di gallery batiknya, saya berkesempatan untuk menggunakan salah satu hasil karya Beliau. Motif ganteng yang saya gunakan ini adalah motif Black and White Gajah Oling dengan sentuhan etnik osing dan di kombinasi dengan outer warna hitam. Kesempatan yang sangat luar biasa bagi saya, karena outfit ini sudah di peragakan di acara “HIPMI Fashion Week 2017” yang bertempat  di Beachwalk Bali. So, buat kalian yang akan berkunjung ke Banyuwangi, jangan lupa lho guys mampir ke gallery “Isyam Syamsi Private Collection”.

ISYAM SYAMSI Private Collection

Whatsapp        : +62 85201529999

Instagram        : isyamsyamsi

E-mail              :  [email protected]

Address           : Gallery Batik Ketapang Indah Hotel Banyuwangi