Indonesia adalah satu-satunya negara yang memiliki tradisi pulang kampung atau biasa di kenal dengan sebutan mudik ketika akan mendekati Hari Raya Idul Fitri, termasuk aku sendiri juga melakukan tradisi tersebut guys.

Tradisi mudik yang aku lakukan ini berawal ketika aku meninggalkan kampung halaman sejak lulus sekolah dan merantau ke Jogja untuk kuliah, sehingga mengharuskan aku melakukan mudik lebaran setiap tahun.

Tidak ada hal yang paling romantis ketika ibu berkata :

“Jaga diri kamu baik-baik di sana, jangan lupa ibadah”

Selama 4 tahun di Jogja, aku selalu mudik menggunakan public transportation yaitu kereta api, karena menurutku lebih praktis untuk sekelas mahasiswa produktif sepertiku. Dengan kereta api, aku bisa melakukan aktivitas membaca dan berkomunikasi menggunakan HP di atas kereta.

Setelah lulus kuliah, aku pun mendapat pekerjaan di Jogja juga guys, dan ketika bekerja lah petualangan mudikku menuju kampung halaman menggunakan motor di mulai.

Ada beberapa alasan tertentu yang memutuskan aku melakukan tradisi mudik lebaran dari Jogja menuju Situbondo menggunakan motor guys, penasaran kan? hehehe.

Awalnya sih agak ragu ketika memutuskan mudik menggunakan motor, tetapi karena tekad yang bulat demi bertemu dengan keluarga besar di kampung halaman, aku memberanikan diri mengendarai motor selama 12 jam perjalanan.

Aku mudik berdua dengan sepupuku yang kebetulan masih kuliah di Jogja. Kehabisan tiket kereta api adalah alasan yang sangat signifikan bagiku untuk memilih motor guys, dan alasan lainnya adalah :

i

Jadwal Libur

Bukan hanya kantorku saja yang selalu terlambat dalam membagikan jadwal libur lebaran pada karyawannya, tetapi kantor lain pun juga sama guys. Nah, hal ini yang menyebabkan aku ragu untuk membeli tiket kereta api sehingga ketika jadwal libur telah diumumkan, tiket kereta api pun sold out dan motor adalah pilihan terbaik.

Waktu

Mudik lebaran menggunakan motor menurutku memiliki waktu yang lebih efektif dan efisien guys, mengapa? Karena motor merupakan kendaraan pribadi yang simple dan bisa diandalkan ketika melewati kemacetan. Selain itu, aku juga tidak harus berhenti di setiap stasiun dan hal ini sangat menghemat waktu perjalanan mudikku.

Biaya

Budget yang aku keluarkan untuk biaya transportasi lebih murah dan hemat ketika aku menggunakan motor, yaitu hanya sebesar Rp. 50.000 untuk BBM dari Jogja menuju Situbondo, sedangkan untuk tiket kereta api sebesar Rp. 97.000 + Bus Rp. 15.000 total Rp. 112.000. Jadi, aku bisa menghemat sekitar Rp. 62.000 guys, cerdas bukan?.

Mobilitas

Mudik lebaran identik dengan kemacetan dan penambahan volume kendaraan di beberapa jalur di pulau Jawa, terutama ketika aku melewati daerah Ngawi, Jombang hingga Mojokerto. Jadi, mudik pakai motor dapat leluasa melewati jalan yang menurutku tidak terlalu padat kendaraan dan lincah dalam segala medan dan kondisi.

Hobi

Nah, ini dia guys alasan terakhir yang paling aku suka. Aku termasuk salah satu orang yang memiliki hobi traveling dan berpetualang. Jadi, aku selalu berhenti di beberapa tempat yang menurutku indah dan dapat melepaskan lelah sejenak setelah berjam-jam berkendara di atas motor, dan ini merupakan hal yang paling aku suka guys hehehe.

Dari kelima alasan mudik lebaran menggunakan motor yang aku jalani, sebetulnya tak luput dari beberapa resiko yang akan aku dapatkan guys, tetapi aku harus bisa menepisnya dengan cara berpikiran positif.

Solusiku pribadi untuk mengatasi beberapa resiko tersebut adalah dengan cara patuh terhadap rambu-rambu lalu lintas, waspada, dan yang pasti aku selalu berusaha untuk safety riding.

Di samping itu, perlu juga adanya perencanaan mudik yang matang guys untuk menghindari beberapa resiko tersebut. Di kutip dari situs Moladin bahwa perencanaan mudik menggunakan motor dimulai dari melakukan beberapa pengecekan terhadap motor yang akan kita gunakan.

Setelah melakukan pengecekan dan merasa bahwa perencanaan mudik cukup matang, berarti kita sudah siap mudik lebaran menggunakan motor.

Motor yang sering aku pakai adalah motor jenis matic, dan motor ini lah yang selalu menemani perjalanan traveling dan mudikku ke kampung halaman dan beberapa kota lain.

Aku sengaja memilih motor matic karena lebih simple dan menggunakan sistem CVT (Continuously Variable Transmission) yaitu sistem transmisi yang tidak memiliki gigi perseneling, sehingga bagiku tidak terlalu lelah.

Selain itu, motor matic juga dapat menampung beberapa barang yang aku bawa ketika mudik lebaran guys. Aku selalu meletakkan barang berupa tas ransel pada bagian depan supaya punggung tidak terlalu terbebani.

Nah, buat kalian yang suka menggunakan motor matic seperti aku, ada beberapa hal dari situs gilatopspeed yang harus diperhatikan dalam merawat CVT guys, yaitu :

\

Memeriksa V-belt

V-belt merupakan komponen yang terpenting dalam CVT, komponen ini berupa karet dan rentan terkena panas, sehingga harus selalu melakukan pengecekan.

\

Memeriksa Roller

Roller merupakan salah satu bagian dari CVT yang juga harus selalu diperhatikan dan di rawat. Ciri-ciri roller yang harus di ganti adalah ketika mengalami keausan.

\

Membersihkan motor dari Kotoran

Jalan yang berdebu dapat mempengaruhi kebersihan motor dan meninggalkan kotoran. Bersihkan kotoran yang ada pada CVT setidaknya setiap 6 bulan sekali guys.

\

Rutin Mengganti Oli Transmisi

Mengganti oli transmisi wajib dilakukan ketika kita sudah berkendara 8000 km, supaya kinerja komponen CVT menjadi optimal dan selalu dalam keadaan dingin.

Bagiku, mudik lebaran menggunakan motor matic merupakan hal terseru yang pernah aku lakukan dan akan terus aku lakukan termasuk pada mudik lebaran tahun ini guys, pastinya bersama motor matic kesayanganku dong hehehe.

Nah, sebetulnya aku punya impian untuk memiliki motor matic baru guys, dan motor tersebut adalah Yamaha N-Max. Mengapa harus Yamaha N-Max? Karena merupakan motor skuter maxi yang cocok banget untuk perjalanan jauh dan menemani hobi traveling-ku.

Kira-kira dimana yah guys aku bisa mendapatkan motor Yamaha N-Max yang memiliki jaminan harga rendah, mudah, cepat dan nyaman?.

Nah, setelah aku browsing aku mendapatkan sebuah solusi kekinian banget untuk memiliki motor impianku guys, yaitu sebuah situs pembelian motor secara online.

Penasaran kan? Yuk, langsung saja kenalan dengan Moladin. Jadi, dengan Moladin kita bisa melakukan pembelian motor dengan sistem pembayaran kredit secara online lho guys, sehingga memudahkan kita dalam pembelian motor.

Moladin menjual berbagai macam jenis motor seperti Road Bike, CUB, Scooter Matic, Offroad, dan motor Sport. Motor yang tersedia mulai dari brand motor low end hingga high end motor guys.

Aman gak sih bang sebenarnya? Eitsss aman banget guys dan sudah banyak masyarakat yang merasakan kemudahan pembelian motor melalui Moladin, terbukti dari beberapa testimoni berikut ini.

Moladin juga bekerja sama dengan beberapa perusahaan leasing seperti BAF, OTO, Wom Finance, dan Adira Finance yang sangat membantu dan memudahkan kita memiliki motor untuk mudik lebaran.

Selain itu, situs Moladin.com juga dilengkapi dengan beberapa menu review yang sangat membantu kita ketika kita memiliki permasalahan dengan motor guys.

Nah, mumpung lagi ada Promo Ramadhan dari Moladin nih guys, yuk kunjungi Moladin.com untuk melihat berbagai macam jenis promo menarik, produk unggulan, bahkan inspirasi lainnya mengenai motor.

Pokoknya seru banget mudik lebaran pakai motor guys, aku bisa berhenti di sebuah pantai indah di daerah pantura dan beberapa destinasi wisata lainnya dengan mudah dan sesuka hati tanpa harus terjadwal. Kini hobi traveling yang aku suka dapat aku lakukan sekaligus ketika aku mudik lebaran dengan menggunakan motor.

Mudik lebaran dengan menggunakan motor ini cocok buat orang yang hobi traveling dan touring guys, yang pasti tetap harus waspada dan selalu perhatikan kelengkapan berupa STNK motor, SIM yang sesuai dengan motor, kondisi ban, pengecekan oli, servis motor, lampu berfungsi dengan baik, dan jangan lupa gunakan helm sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI).

Hal yang tak kalah penting adalah persiapkan kondisi fisik yang prima, apalagi ketika akan menempuh perjalanan selama 12 jam seperti aku hehehe.

Jadi, ketika kita membutuhkan motor dengan jaminan harga rendah, mudah, cepat dan nyaman yah Moladin lah jawabannya, aku sudah punya akun di Moladin dengan nama akun Jovie Candra P guys, yuk bikin akun juga di Moladin dengan kode referensiku JOVIECANDR374 dan dapatkan berbagai macam keuntungannya.

Berhubung di bulan penuh berkah ini Moladin lagi baik, saatnya kita memanfaatkan Promo Ramadhan untuk memiliki motor yang kita impikan. Aku berharap informasi ini menjadi solusi kemudahan mudik bagi kita semua. Tetap waspada, hati-hati di jalan, dan selamat sampai tujuan. Ingat motor! Ingat Moladin.

Please follow and like us: