Berawal dari tahun 2007 aku merantau ke Jogja untuk kuliah di salah satu Perguruan Tinggi Negeri. Awalnya, aku numpang di rumah Pamanku di daerah Bantul, dan lokasinya pun jauh banget dari kampusku.

Setelah ku pikir-pikir, kayaknya aku perlu kos di dekat kampus deh, karena aku juga aktif sebagai anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) paduan suara, guys. Selain itu, aku juga bekerja partime di beberapa EO dan café.

Alasan itulah yang membuatku memutuskan untuk kost di tengah kota Jogja agar waktu yang ku miliki lebih efisien, dan nggak terlalu khawatir pulang malam.

Kost di reddoorz

Rumah kost yang ku sewa lokasinya tak jauh dari kampus, jalan kaki pun bisa. Di kost lah aku banyak mendapatkan pelajaran sebagai seorang perantau dari Situbondo, Jawa Timur. Pelajaran-pelajaran inilah yang membuatku mengerti tentang makna kehidupan.

Banyak Makna Tersirat dibalik Kamar Kost

Selama masih sekolah, aku tinggal bersama orang tuaku which is semuanya masih bergantung kepada orang tua. Semenjak kost, aku banyak belajar bagaimana cara hidup mandiri, sehingga berpengaruh banget bagi Emotional Quotient (EQ) yang ku miliki.

\

Kemampuan Mengenali Emosi Diri

Jadi, mengenal emosi diri sendiri merupakan pondasi utama dalam mengambil keputusan. Apalagi bagiku saat itu masih ABG yang baru saja pindah ke kota besar, pastinya perlu banget mengenali emosi diri sendiri.

\

Kemampuan Mengelola Emosi Diri

Aku juga belajar mengelola emosi yang ku miliki agar dampaknya positif dalam melakukan berbagai macam aktivitas. Beberapa orang yang menjadi anak kost pun pasti butuh pengelolaan emosi supaya tetap tenang, menghilangkan kegelisahan, kesedihan, atau pun sesuatu yang menjengkelkan. 

\

Kemampuan Memotivasi Diri

Berhubung jauh dari orang tua, maka aku juga harus bisa dan mampu memotivasi diri sendiri untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Seperti yang kita ketahui bahwa motivasi merupakan salah satu faktor terpenting dalam kehidupan.

\

Kemampuan Mengenali Orang Lain

Banyak bertemu dan kenal dengan orang baru membuatku harus mampu mengenali orang lain dan empati. Artinya aku harus bisa memposisikan diri dari perspektif orang lain agar hubungan interpersonal kita tetap berjalan dengan baik.

\

Kemampuan Bersosialisasi

Sosialisasi adalah jenis aktivitas yang berhubungan dengan orang lain, sehingga aku harus meningkatkan kemampuan bersosialisasi selama kost di Jogja. Bersosialisasi dengan orang lain juga mampu mencerminkan citra diri kita sendiri, guys.

Kost di reddoorz

Yup, memang banyak makna yang tersirat dibalik kamar kost berukuran 3×2,5 meter itu. Bertahun-tahun aku tinggal di kamar tersebut dan merasa nyaman. Tapi, apa boleh buat? Regulasi kantor membuatku harus mutasi kerja ke Banyuwangi dan meninggalkan kamar kost tersebut.

Aku yang nggak punya siapa-siapa di Banyuwangi pun kebingungan saat mencari kost, akhirnya ku putuskan mencari kost melalui marketplace jual beli. Saat itu masih belum ada marketplace khusus yang menawarkan kost seperti platform www.sewakost.com, guys.

Kost di reddoorz

Plartform khusus yang memberikan informasi kost ini memang membantu banget dalam mencari kost. Lebih mudah tanpa harus datang langsung, dan bisa diakses kapan pun dan di mana pun. Pastinya dilengkapi juga dengan beberapa fitur seperti :

\

Lokasi Kost

Pencari kost bisa menentukan lokasi kost yang dibutuhkan dengan menu filter kost yang terdiri dari lokasi, jenis kost, harga, dan fasilitas.

\

Deskripsi Kost

Deskripsi yang diberikan berupa keterangan kost, fasilitas kost, nomor yang bisa dihubungi untuk menyewa kost, dan deskripsi lainnya.

\

Informasi Tambahan

Informasi tambahan yang dimuat adalah tentang informasi sekitar kost, seperti lokasi ATM, minimarket, kampus, apotek, rumah makan, dll.

Kost di reddoorz

Kekurangan yang dimiliki oleh platform sewakost adalah metode pembayaran yang nggak terlalu lengkap, sedangkan era digital seperti saat ini sudah bisa melakukan pembayaran melalui transfer, e-money, e-wallet, dan metode pembayaran lainnya.

Selain itu, ada juga beberapa platform kost lainnya seperti www.infokost.id, www.yukstay.com, www.cari-kos.com, babekost.com, dan www.flokq.com yang memiliki keunggulan masing-masing. Nah, untuk review-nya bisa disimak pada gambar di bawah ini.

Kost-di-reddoorz

Itulah beberapa platform kost yang bisa dijadikan pertimbangan dalam mencari kost. Agak susah sih, karena informasi yang diberikan oleh beberapa platform tersebut nggak terlalu lengkap, padahal ada beberapa pertimbangan yang harus dilakukan dalam mencari kost.

Pertimbangan Umum dalam Mencari Kos

Jadi, setiap orang yang mau kost biasanya melakukan beberapa pertimbangan, kan? Nah, beberapa pertimbangan tersebut nantinya akan menjadi standar kost yang akan dihuni oleh mereka. Secara umum, pertimbangan yang dilakukan seperti pada gambar di bawah ini.

Kost di reddoorz

\

Lokasi Strategis

Setiap orang yang akan mencari kost, biasanya akan mempertimbangkan lokasi. Apakah lokasinya dekat dengan kampus dan tempat kerja atau nggak? Supaya lebih menghemat biaya transportasi.

\

Parkiran Luas

Kedua, tempat parkir mobil atau motor juga dipertimbangkan. Parkiran yang luas atau cukup akan menjadi nilai plus bagi si pencari kost. Apakah parkiran juga bagian terpenting dalam sebuah kost? Ya, penting banget.

\

Luas Kamar

Luas kamar yang ditawarkan biasanya beraneka ragam sesuai dengan harga. Ada kamar kost yang sempit banget, dan ada juga yang luas banget. Setiap orang pun akan memilih kamar impiannya masing-masing.

\

Kondisi Interior

Dinding yang memiliki jamur akan merusak estetika interior kamar tersebut, sehingga kondisi interior juga dipertimbangkan oleh si pencari kost. Cat pun juga berpengaruh terhadap pengambilan keputusan.

\

Fasilitas

Pertimbangan berikutnya adalah fasilitas. Fasilitas berupa koneksi internet, air minum, dapur, ruang TV, ruang khusus tamu kost, dll juga sangat dipertimbangkan. Biasanya cewek nih yang butuh fasilitas lengkap hehehe.

\

Kondisi Air

Biasanya kondisi air di kamar mandi dan halaman juga dipertimbangkan sebelum menentukan kost. Apakah airnya mengalir dengan sempurna, bersih, dan nggak bermasalah? Karena air juga faktor penting.

\

Keamanan

Keamanan berupa pintu gerbang dengan kondisi parkiran yang kondusif akan menjadi pertimbangan juga lho, supaya kendaraan dan barang-barang pribadi tetap aman, terutama gadget dan device.

\

Pemilik Kos

Sudah tahu bahwa biasanya ibu kost itu galak, kan? Nah, nggak semua galak kok. Jadi, banyak diantara pencari kost yang mempertimbangkan ibu kosnya juga, supaya hidup lebih damai dan menyenangkan hahaha.

\

Fleksibilitas Waktu

Memiliki fleksibilitas waktu yang nggak terlalu ketat, it means penghuninya bisa keluar masuk kapan saja dengan memegang kunci gerbang masing-masing, karena urusan setiap penghuni kan berbeda-beda.

\

Peraturan

Memiliki peraturan yang jelas, seperti jam kunjungan berbeda jenis, larangan melakukan hal negatif, hak dan kewajiban yang diterima oleh penghuni, sistem pembayaran, dan peraturan tambahan lainnya.

\

Suasana Hijau

Halaman dengan suasana hijau bisa juga menjadi poin penting sebelum memutuskan tinggal di kost tersebut. Bagi para pekerja pasti membutuhkan suasana yang seperti ini. Menyenangkan, kan?

“Pindah Kos-kosan dan beres-beres barang itu mudah, yang sulit itu membereskan kenangannya.”

Sujiwo Tejo

Mencari kost sebetulnya bisa dikatakan susah-susah gampang. Sudah ada yang cocok, eh ternyata ada beberapa poin lain yang nggak sesuai. Akhirnya memutuskan untuk mencari lagi sampai menemukan kost idaman yang sesuai dengan harapan.

5 Tips Mencari Kost Idaman

Ada beberapa cara dalam mencari kost idaman untuk mendukung produktivitas. Cara ini pun bisa kalian terapkan ketika kalian mencari kost bagi anak kuliahan atau bagi perantau yang bekerja di kota orang.

Kost merupakan tempat berteduh dan tempat untuk beristirahat dikala lelah dengan pekerjaan dan kuliah. Maka dari itu, mencari kost itu perlu beberapa pertimbangan khusus agar hidup terasa lebih menyenangkan di kota orang.

Kost di reddoorz

1. Pertimbangkan Harga

Sebagai generasi millennial dan Gen-Z, kita harus pandai mengelola keuangan, guys. Tujuannya supaya cash flow kita tetap dalam keadaan sehat, termasuk mempertimbangkan harga kos juga. Jika merasa harga kost terlalu mahal, maka carilah kost lain dengan harga yang terjangkau, sehingga kita masih bisa menggunakan dana tersebut untuk kebutuhan lainnya.

2. Lokasi Strategis

Lokasi juga penting banget dipikirkan nih. Kita bisa mencari kost yang memiliki lokasi strategis, misalnya dekat dengan kampus atau tempat kerja, dekat dengan warung makan, minimarket, ATM, dan fasilitas publik lainnya. Lokasi kost juga menentukan produktivitas kita lho. Pastinya lokasi juga membuat waktu yang kita miliki menjadi lebih efektif dan efisien.

3. Fasilitas dan Keamanan

Cek juga mengenai fasilitas yang diberikan, apakah worth it dengan harga yang ditawarkan atau nggak. Harga mahal namun fasilitas minim, mending cari yang lain saja. Ingat! Fasilitas juga menentukan aliran dana kita. Lalu, faktor keamanan juga perlu dipertimbangkan agar barang yang kita miliki tetap aman. Keamanan dari pencuri, keamanan dari penghuni lain, dan aman dari segala jenis kemungkinan negatif.

4. Pemilik yang Ramah

Nah, kalau aku pribadi selalu melihat pemiliknya, karena pemilik yang ramah membuat kita betah kost di tempat tersebut. Pemilik yang ramah itu nggak membeda-bedakan kasta penghuni kost, suka memberi, dan selalu ada dispensasi waktu pembayaran tiba hehehe. Pokoknya idaman banget deh ibu kost yang seperti itu.

5. Gunakan Kost RedDoorz

Kabar gembira bagi kita semua, saat ini RedDoorz sudah melengkapi platform-nya dengan menu tambahan, yaitu menu “Rumah Kost”, guys. Jadi, kita nggak perlu lagi pusing-pusing mencari kost, cukup kost di RedDoorz saja hehehe.

Kost di reddoorz

Kost di RedDoorz membuat aktivitas mencari kost menjadi lebih simpel. Tahu sendiri kalau kita nyari kost itu butuh waktu, kan? Sekarang mah zamannya serba digital, proses pencarian kost pun bisa dilakukan sambil rebahan.

Menarik, ya? Menarik banget, apalagi informasi yang diberikan tergolong cukup jelas. Fitur apa saja yang dimiliki oleh menu “Rumah Kost” di RedDoorz?

Beberapa Fitur Kost di RedDoorz

Mungkin diantara kalian masih berpikir bahwa RedDoorz merupakan platform untuk hotel dan penginapan saja? Wah, kalian salah besar, guys, hehehe. Jadi, RedDoorz pun mengembangkan sayap dengan menambahkan menu “Rumah Kost” pada platform-nya.

Inovasi ini pasti dibutuhkan banget oleh generasi millennial dan Gen-Z seperti kita. Nah, beberapa fitur yang ada pada menu tersebut adalah :

\

Lokasi Kost

Kita bisa menentukan lokasi kost yang diinginkan dengan memilih menu kota dan tanggal kost. Pokoknya cocok banget dan sesuai bagi para pekerja yang merantau dan anak kuliahan.

\

Deskripsi dan Fasilitas

Deskripsi kost meliputi keterangan kost, fasilitas kost, pilihan dan jenis kamar, fasilitas publik terdekat, nomor pemilik kost yang bisa dihubungi, dan deskripsi lainnya.

\

Book Free Visit

Nah, jika kalian ingin survey secara langsung, kalian bisa memanfaatkan fitur Book Free Visit ini, guys. Fitur ini memberikan kemudahan bagi kita agar lebih cocok dengan kost tersebut.

\

Akses Telepon & WhatsApp

Fitur lainnya yaitu akses telepon dan WhatsApp pemilik supaya bisa terhubung secara otomatis. Jadi, kita bisa langsung bertanya kepada pemilik deh. Gampang, kan?

Kost di reddoorz

Begitu mudahnya kost di RedDoorz dengan beberapa fitur menarik di atas. Pastinya pengalaman pencarian kost akan lebih menyenangkan, tho? Bersyukurlah karena era digital ini semakin memudahkan orang dalam mencari rezeki, termasuk mencari kost.

Mengapa Harus Kost di RedDoorz?

Kost di RedDoorz itu gampang nggak sih, Bang? Ya gampang dong, cukup buka saja aplikasi RedDoorz di smartphone kalian, maka semuanya akan tersajikan hehehe. Nah, mengapa sih kita harus Kost di RedDoorz, Bang?

Kost di reddoorz

1. Harga Sesuai

Pastinya RedDoorz memberikan harga yang sesuai. Artinya sesuai dengan fasilitas yang ditawarkan dan sesuai dengan kebutuhan para konsumen, sehingga kita masih bisa menyisihkan dana untuk menabung atau untuk keperluan lain.

2. Memberikan Kemudahan

Cukup dengan rebahan saja kita sudah bisa mendapatkan kost yang diinginkan. Cocok banget nih bagi kita yang memiliki produktivitas tinggi. Tentunya segala informasi bisa kita dapatkan hanya melalui aplikasi RedDoorz pada smartphone kita.

3. Metode Pembayaran Lengkap

Jangan khawatir proses pembayarannya susah, karena kost di RedDoorz juga dilengkapi dengan beberapa metode pembayaran, guys, seperti ATM/Transfer, Kartu Kredit, Minimarket, e-wallet, dan bisa juga bayar di tempat. Bahkan kita bisa bayar sebesar DP 10% lho.

4. Sesuai dengan Zaman

Berhubung saat ini kita hidup pada era digital, maka secara nggak langsung teknologi memengaruhi kehidupan kita lho, sehingga kita bisa mencari kost dengan memanfaatkan teknologi melalui RedDoorz. As simple as like that, right?

5. Mendukung Usaha Kost

Di sisi lain, kita juga mendukung berkembangnya usaha kost dan membantu perekonomian para pengusaha kost. Cara ini merupakan cara termudah yang dapat kita lakukan untuk mendukung perekonomian di Indonesia.

6. Banyak Promo Menarik

Mencari kost di RedDoorz memang memiliki banyak keuntungan, seperti beberapa promo menarik yang ditawarkan kepada kita, dan salah satunya adalah Epic Deal yang bisa kita dapatkan. Pastinya lebih meminimalisir budget kita, kan?

  • Harga Sesuai 87% 87%
  • Memberikan Kemudahan 90% 90%
  • Metode Pembayaran Lengkap 95% 95%
  • Sesuai dengan Zaman 97% 97%
  • Mendukung Usaha Kost 87% 87%
  • Banyak Promo Menarik 95% 95%

Itulah mengapa kita harus kost di RedDoorz, guys. For your information nih bahwa RedDoorz sedang membidik menjadi perusahaan Unicorn yang memiliki 5.000 properti pada tahun 2020, wuiihhh keren, ya? Dan bagi kalian yang ingin usaha kost-nya ramai, langsung saja bergabung bersama RedDoorz.

Mungkin usaha kost yang dulunya sepi, akan ramai kembali jika bekerjasama dengan RedDoorz. Platform ini memang keren banget, bukan hanya konsumen yang diuntungkan, namun pemilik usaha kost juga akan menikmati keuntungannya.

Kost di reddoorz

Semoga artikel tentang tips mencari kost idaman dan Kost di RedDoorz ini bermanfaat ya. Thank you so much for visiting my blog, keep healthy, always be grateful, don’t forget to pray, don’t forget to smile, and see you on my next article.

*****