Perkembangan teknologi saat ini sudah merambah ke berbagai hal, salah satunya adalah pinjaman dengan fasilitas pinjaman online. Nah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan pinjaman supaya nggak merasa dirugikan.

Jangan meminjam dana hanya untuk kebutuhan lifestyle saja, namun pastikan juga bahwa kita memang benar-benar butuh dana tersebut untuk kebutuhan hidup dan bisnis, guys. Di Indonesia sendiri sudah banyak platform yang mendukung pinjaman online.

pinjaman online

Pinjaman online ini menarik banget untuk dibahas, dan syaratnya pun nggak terlalu ribet. Akan tetapi ada beberapa hal yang harus diketahui sebelum melakukan pinjaman online. Penasaran? Lanjut baca sampai akhir yuk.

1. Apakah Benar-benar Butuh?

Hal utama yang harus dipertimbangkan adalah memastikan bahwa kita memang benar-benar membutuhkan dana tersebut. Mengapa? Supaya kita bisa memaksimalkan dana tersebut untuk hal yang produktif bukan konsumtif.

2. Terdaftar di OJK

Kemudian, pastikan juga bahwa platform pinjaman online tersebut sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa keuangan), agar kita mudah melakukan pengaduan jika ada kecurangan, dan terhindar dari hal-hal yang berbau penipuan.

3. Cek Testimoni

Ketiga, lakukan pengecekan testimoni nasabah lain melalui platform atau website pinjaman online tersebut, bahkan bisa dicek melalui Playstore dan AppStore. Tujuannya supaya kita nggak merasa tertipu dan nggak dirugikan.

4. Cek Biaya yang Timbul

Pelajari beberapa biaya yang timbul pada platform pinjaman online yang kita pilih, seperti biaya administrasi, biaya pelunasan lebih awal, denda keterlambatan, dan biaya lain yang timbul nantinya.

5. Pelajari Bunga yang Diberikan

Suku bunga tiap-tiap platform pinjaman online itu berbeda-beda. Jadi, kita harus benar-benar mengetahui suku bunga yang diberikan. Bunga memang sangat krusial untuk diketahui agar kita nggak rugi membayar cicilan setiap bulannya.

6. Penghargaan dan Reputasi

Setiap perusahaan pasti memiliki beberapa penghargaan yang diraih. Semakin banyak penghargaan yang diraih, maka reputasi perusahaan pinjaman online tersebut semakin baik. Kita bisa cek penghargaan melalui official website pinjaman online tersebut.

7. Pelajari S&K yang Ada

Terakhir, pelajari syarat dan ketentuan yang berlaku sebelum memutuskan untuk meminjam dana melalui platform pinjaman online. Jangan sampai ada syarat dan ketentuan yang merugikan kita nantinya.

pinjaman online

Nah, itulah ketujuh hal yang harus diketahui tentang pinjaman online, guys, dan salah satu platform pinjaman online yang bisa kita gunakan adalah Tunaiku. Tunaiku merupakan pinjaman online pertama di Indonesia dan sudah berdiri sejak tahun 2014.

Tunaiku adalah salah satu produk dari institusi finansial berbentuk bank resmi di Indonesia yang sudah beroperasi pada tahun 1991, yaitu Amar Bank. Jadi, Tunaiku ini dapat membantu kita memberikan dana cepat untuk berbagai macam kebutuhan, guys.

pinjaman online

Selain itu, Tunaiku juga menyediakan layanan kredit pinjaman online tanpa jaminan dan tanpa kartu kredit lho, serta proses pengajuan KTA yang cepat banget hanya KTP. Semakin mudah mendapat pinjaman modal usaha, kan?

Yuk langsung saja install aplikasi Tunaiku sebagai Pinjaman Online Terbaik di Indonesia, karena hanya dengan Tunaiku kita bisa mendapat dana dengan mudah dan cepat.

pinjaman online

Gampang banget, kan? Eitzzz satu hal yang harus diingat bahwa tetap gunakan dana dari pinjaman online sebaik mungkin, ya! Supaya cash flow kita juga tetap aman, bisnis lancar, dan bisa mengelola keuangan dengan baik.

Semoga artikel tentang pinjaman online ini bermanfaat ya. Thank you so much for visiting my blog, keep healthy, always be grateful, don’t forget to pray, don’t forget to smile, and see you on my next article.

*****