Ya, Reezky Pradata Sanjaya namanya. Dia adalah mahasiswa Ilmu Komunikasi lulusan UGM yang sudah seperti adik kandungku sendiri selama di Jogja. Kami sering melakukan sharing tentang bisnis, project, motivasi, dan juga mengenai keuangan.

Dia memiliki motivasi yang kuat tentang masa depan. Aku pun banyak belajar darinya. Investasi adalah obrolan yang sangat menarik bagi kami ketika menikmati secangkir kopi di sebuah café.

“Mas, kita sebagai generasi millenials harus mulai memikirkan investasi lho, Mas. Untuk saat ini sih, aku mau ngembangin digital asset yang ku miliki. Keren nggak tuh, Mas? Nanti, kita akan menikmati hasilnya secara kontinyu,” begitulah kata Reezky yang selalu ku ingat.

Investasi memang penting banget, guys. Makanya aku juga mulai berinvestasi even nilainya nggak seberapa, tapi ku usahakan konsisten.

Investasi reksa dana ajaib

Ternyata masih banyak orang yang belum memiliki investasi karena mereka sendiri belum memiliki pengetahuan lebih mengenai investasi, guys. Bagaimana dengan kalian? Masih bingung memilih investasi yang pas?

Sebetulnya komposisi terbesar investasi yang dilakukan oleh generasi millenials adalah Reksa Dana. Mungkin, kalian perlu memiliki sebuah investasi reksa dana sebagai jalan untuk memulai berinvestasi, seperti generasi millenials lainnya.

Investasi reksa dana ajaib

Apa sih yang dimaksud dengan reksa dana? Apa kekurangan dan kelebihan dari reksa dana? Yuk, kita pelajari lebih lanjut.

Investasi Reksa Dana untuk Millenials

Reksa dana merupakan sebuah instrumen investasi yang dikelola oleh Manajer Investasi untuk diinvestasikan ke dalam beberapa portofolio investasi, seperti saham, obligasi, pasar dan efek/sekuriti lainnya.

Reksa dana memiliki tingkat resiko yang sangat rendah, sehingga cocok banget untuk millenials seperti kita yang mau belajar berinvestasi.

Investasi reksa dana ajaib

Ada 2 karakteristik reksa dana yang bisa kita miliki, yaitu terbuka dan tertutup. Reksa dana merupakan alternatif kita untuk melakukan investasi, guys. Lalu, apa saja sih tujuan melakukan investasi?

Dana Pendidikan

Investasi bisa digunakan untuk perencanaan dana pendidikan anak kita, karena dana pendidikan setiap tahun akan semakin meningkat.

Pembelian Rumah

Investasi juga bisa digunakan untuk melakukan pembelian rumah, guys. Apalagi buat kita yang sebentar lagi akan menikah (eaaa).

Persiapan Pensiun

Pensiun juga memerlukan persiapan dana agar nggak merepotkan anggota keluarga lainnya, dan bisa untuk menghabiskan masa tua.

Perencanaan Pengeluaran

Investasi memiliki beberapa pilihan jangka waktu yang bisa kita sesuaikan dengan perencanaan pengeluaran pada masa depan.

Dana Darurat

Pastinya investasi juga bisa digunakan sebagai persiapan dana darurat yang tak terduga yang bisa datang kapan saja dan di mana saja.

Dana Warisan

Asik banget kan kalau memiliki dana warisan untuk anak cucu kita? Nah, investasi juga bisa digunakan sebagai persiapan dana warisan.

Sudah kah kalian memiliki investasi? Kalau belum, boleh lah lirik reksa dana hehehe. Penasaran bagaimana cara memilih tempat investasi reksa dana yang tepat untuk millenials?

5 Cara Memilih Tempat untuk Reksa Dana

Sebagai konsumen cerdas yang melek teknologi, kita juga harus mengetahui cara memilih tempat yang tepat untuk reksa dana, diantaranya adalah :

1. Memiliki Berbagai Paket Investasi

Sebisa mungkin memilih perusahaan penyedia investasi reksa dana yang memiliki berbagai macam pilihan paket investasi, supaya kita bisa memilih produk terbaik dengan return lebih baik dan memiliki risiko yang lebih rendah.

2. Memiliki Tujuan Perusahaan yang Jelas

Kedua, pastinya kita harus bisa memilih perusahaan penyedia investasi reksa dana yang memiliki tujuan jelas. Hal ini agar dana yang kita keluarkan untuk investasi tetap aman, nyaman, dan sesuai dengan apa yang kita harapkan.

3. Terdaftar OJK

Pilihlah perusahaan investasi yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan), guys. Pokoknya kalau sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK, insya Allah hati kita akan tenang dan masa depan akan cerah.

4. Aman dan Terpercaya

Pilih juga perusahaan yang diawasi oleh KOMINFO dan transparansi status investasi. Selain itu,  lihat juga dana investasi apakah dikelola langsung  oleh pihak Manajer Investasi yang telah ditunjuk atau melalui pihak yang belum jelas.

5. Menggunakan Digitalisasi Sistem

Nah, sebagai anak millenials pastinya kita menyukai hal yang serba teknologi, kan? Maka dari itu, kita pilih perusahaan investasi reksa dana yang sudah memiliki platform agar kita mudah dalam melakukan investasi dan pengecekan.

Kelima cara di atas bisa kalian temukan hanya di Ajaib, guys. Wow Ajaib, Bang? Iya, Ajaib adalah salah satu platform investasi kekinian yang berbasis digital dan mampu mengatasi permasalahan investasi.

Reksa Dana “Ajaib” yang Paling Ajib

Pastinya ajib banget dong, karena hanya di Ajaib lah kita bisa melakukan investasi yang aman dan terpercaya, terlepas dari tingkat pendapat kita masing-masing. Seru banget, kan? Pokoknya Ajaib ini cocok untuk millenials deh.

Investasi reksa dana ajaib

Ajaib ini didesain untuk investor pemula tanpa biaya transaksi dan penarikan. Selain itu, kemudahan lainnya terletak pada registrasi yang hanya dibawah 5 menit. Terus, caranya gimana dong, Bang? Yaelahhh gampang banget kali. Kalian tinggal download saja aplikasi Ajaib di Playstore maupun AppStore. Setelah itu, lakukan registrasi dan mengisi data diri secara lengkap.

Investasi reksa dana ajaib

Mudah banget, kan? Jadi, sebagai generasi millenials kita juga harus sadar dengan yang namanya investasi, guys. Jangan hanya menghamburkan uang untuk gaya hidup, tetapi juga hamburkan uang untuk investasi hehehe.

Investasi reksa dana ajaib

Nah, di bawah ini adalah cara melakukan investasi reksa dana yang ku lakukan melalui aplikasi Ajaib. Aku membeli unit saham di Ciptadana Saham Syariah 2 dengan tingkat risiko Moderat-Tinggi.

Investasi reksa dana ajaib

Saham yang ku beli di atas memiliki harga NAB Rp. 1.943 per tanggal 07 November 2019 dengan alokasi aset di Equity sebesar 80-100% dan Money Market sebesar 0-20%. Nggak apa-apa investasi sedikit demi sedikit, lama-lama akan menjadi bukit juga, kan?

Nah, ada cara tersendiri supaya investasi reksa dana kita aman dan menguntungkan. Emang gimana, Bang? Simak saja beberapa poin berikut berdasarkan ilmu yang ku pelajari hehehe.

\

Cek Harga NAB

\

Cek Tingkat Risiko

\

Pelajari Fund Factsheet

\

Tarik Saat Harga Naik

Yuk, langsung saja berinvestasi reksa dana di Ajaib mulai dari 10 ribu dengan berbagai pilihan paket investasi yang dimilikinya. Jangan lupa gunakan Kode Referral cand575 dan kalian juga akan berpeluang mendapatkan dana 1 juta  lho.

Menarik banget penawaran investasi yang ada di Ajaib, dan aku juga akan menceritakan hal ini kepada Reezky saat kita ngopi bareng lagi untuk membicarakan tentang investasi. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menyadarkan generasi millenials bahwa Muda itu saatnya Berinvestasi. Jangan lupa ibadah hari ini, and see you guys on my next article.

*****