Halo guys, pada tahu kan sama yang namanya blog? Yup, pegiat literasi digital ini disebut dengan blogger. Blogger kerjanya ngapain sih, bang? Jalan-jalan? Makan-makan? Foto-foto? Dapat produk gratis? Yup, itu semua adalah benar. Nggak punya jam kerja, pakaian untuk kerja pun bebas, dan bisa bekerja dimana saja.

Apakah blog bisa menghasilkan uang? Lalu, bagaimana cara menghasilkan uang dari blog? Bisa nggak sih jalan-jalan ke luar negeri gratis dari hasil ngeblog? Gajiannya gimana? Apakah tiap bulan atau bagaimana? Pertanyaan-pertanyaan seperti itu yang sering ditanyakan oleh blogger pemula atau mereka yang tertarik dengan dunia blogging.

Sebelum mengungkapkan bagaimana cara menghasilkan uang dari blog, ada syarat utama yang harus kalian miliki yaitu sebuah domain yang sudah TLD (Top Level Domain) alias domain berbayar, guys. Emangnya TLD itu apa sih? Jadi, domain TLD adalah sebuah alamat blog yang memiliki akhiran dot com, dot co dot id, dot org, dan dot dot lainnya.

Cara menghasilkan uang dari blog

Gimana sih cara memiliki domain yang TLD? Gampang banget, karena saat ini sudah banyak penyedia layanan web hosting dengan harga terjangkau. Kalian bisa memiliki domain TLD mulai dari harga di bawah 100 ribu.

Emangnya kalau domain gratisan nggak bisa menghasilkan uang kah, bang? Bisa, tapi aku lebih menyarankan menggunakan domain berbayar, guys. Selain tampak profesional, domain TLD juga dapat menstimulasi kita untuk lebih semangat ngeblog lho.

Simak Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Menguangkan blog dikenal dengan sebutan monetasi atau monetize, artinya adalah menghasilkan uang dari blog. Selain harus TLD, kita jangan sekali-kali menanamkan mindset bahwa uang adalah segalanya, tetapi berkaryalah sebaik mungkin, maka uang akan mengikuti (tsaaahhh).

Nah, daripada penasaran bagaimana cara menghasilkan uang dari blog? Langsung saja yuk simak 7 cara menghasilkan uang dari blog berdasarkan pengalaman dan rencana yang akan ku kembangkan berikut ini.

\

Blog Competition

Yup, mengapa blog competition ku taruh pada poin pertama? Karena aku terlahir dari lomba-lomba blog, guys. Memang berat diawal, tetapi setelah banyak belajar akhirnya aku bisa menjuarai beberapa blog competition yang diadakan oleh pemerintah maupun swasta.

Kalian bisa juga mengikuti beberapa blog competition yang ada, karena hal ini merupakan salah satu cara termudah untuk menghasilkan uang dan ladang basah bagi para blogger.  Hadiahnya menggiurkan banget pokoknya, mulai dari uang tunai, barang eletronik, hingga jalan-jalan ke luar negeri.

\

Sponsored Post

Cara menghasilkan uang dari blog berikutnya adalah dengan sponsored post. Kalian bisa membuat akun di beberapa platform yang dapat menghubungkan antara client dan content creator, seperti Sosiago, Partipost, dll.

Akan tetapi, kalau kalian juga sering mengikuti lomba blog, maka nggak sedikit lho client yang menawarkan kerjasama berupa sponsored post, pastinya dengan rate card sesuai dengan kualitas blog yang kita miliki, guys. Biasanya mulai dari IDR 300K hingga IDR 1.000K bahkan bisa lebih.

\

Content Placement

Sebetulnya cara ketiga ini hampir mirip dengan cara kedua, tetapi kalau content placement lebih meringankan pekerjaan kita, karena artikel sudah dibuat oleh client maupun agensi digital marketing yang menghubungi kita.

Tugas kita hanya lah mem-publish artikel dari client, pastinya kita juga bisa mengubah tatanan bahasa sesuai dengan branding blog kita. Intinya sih si client hanya butuh semacam tanam backlink. Nominal yang akan kita terima mulai dari IDR 100K hingga IDR 1.000K bahkan bisa lebih.

\

Juri atau Pembicara Blog

Alhamdulillah aku pernah menjadi juri sebuah lomba blog yang diadakan oleh personal dalam rangka anniversary blognya. Agak nggak nyangka sih sebenarnya dipercaya untuk menilai tulisan dari 400an peserta lomba.

Selain itu, aku pernah juga menjadi pembicara karena menjuarai perlombaan blog wisata di Jember, sebetulnya bukan pembicara sih, tapi lebih tepatnya hanya sharing mengenai cara-cara yang ku terapkan pada blog.

\

Google Adsense

Nah, inilah yang selalu ada di pikiran orang-orang yang belum mengenal blog lebih dalam. Mengapa harus mengagung-agungkan adsense sebagai cara menghasilkan uang dari blog? Padahal adsense masih kalah jauh dengan 4 poin diatas, guys.

Adsense hanya membayar berdasarkan klik iklan lho. Misalkan dalam sehari nggak ada seorang pun yang klik iklan, maka kita nggak dapat bayaran dari adsense. Aku pernah sebulan hanya mendapat 7 ribu dari adsense hahaha, kalau buat long term sih nggak masalah, anggap saja passive income.

\

Menjual Produk / Jasa

Ada beberapa blogger yang menjual produk maupun jasa melalui blog yang dia miliki. Produk dan jasanya bisa berupa web designer, graphic designer, review, dll. Selain itu, kita juga bisa menjual produk handmade hasil karya kita sendiri atau pun keahlian lain yang kita miliki.

Pada poin ini berarti blog yang dimiliki hanya sebagai sarana untuk mempromosikan bisnis yang dijalankannya, sehingga dapat meminimalisir budget untuk pemasaran produk.

\

Agensi Digital Marketing

Poin terakhir cara menghasilkan uang dari blog ini belum terealisasi dan aku ingin  membuat agensi sendiri. Jadi, agensi digital marketing ini bekerjasama dengan beberapa perusahaan untuk memasarkan produknya dengan tujuan brand awareness dan pastinya meningkatkan penjualan.

Nah, agensi ini juga menjalin kerjasama dengan beberapa blogger, buzzer, dan influencer untuk menyukseskan campaign dari client. Tugas lainnya adalah membuat report dari hasil campaign yang dijalankan.

Itulah ketujuh cara menghasilkan uang dari blog yang bisa ku share, mungkin dari kalian ada yang mau menambahkan? Langsung saja tulis di kolom komentar ya. Yuk, ngeblog dan sebarkan kebaikan melalui tulisan. By the way, yang terpenting adalah menjaga silaturahmi dan menambah relasi, guys. Ingat! Jangan terlalu memikirkan uang, karena uang akan datang kepada orang yang memiliki niat yang tulus dan silaturahminya bagus. See you on my next article.

*****