Bersyukur itu wajib kita lakukan setiap hari, guys. Mengapa? Karena dengan bersyukur Allah akan menambah nikmat kita, masya Allah. Bukankah kita bahagia ketika nikmat terus ditambah? Hehehe.

Sebagai generasi millenials, kita pasti memiliki banyak kesibukan yang mungkin kita sendiri lupa untuk bersyukur. Beberapa waktu yang lalu, aku mencoba membuat sebuah survei melalui Instagram story tentang cara bersyukur yang mereka lakukan.

Alhamdulillah banyak yang merespon dan mengisi survei tersebut. Penasaran? Simak yuk penjabaran di bawah ini.

cara bersyukur

1. Follow Instagram

Ada yang menjawab bahwa mereka mengikuti akun media sosial yang dapat memberi tauladan. Ada beberapa akun yang membahas tentang dunia Islam, motivasi, dan juga akun yang dapat memberikan dampak positif.

2. Sholat dan Ibadah

Kedua, sebagai umat Muslim kita wajib melakukan sholat dan ibadah lainnya. Hal ini merupakan cara bersyukur yang diajarkan oleh Rasulullah. Apakah waktu 24 jam masih kurang untuk melakukan sholat dan ibadah lainnya?

3. Jangan Lupakan Allah

Hal yang wajib banget ada di dalam diri kita adalah Allah SWT. Sebisa mungkin selalu menyertakan Allah dalam setiap aktivitas yang akan kita lakukan. Allah saja nggak lupa dengan hamba-Nya, masak kita yang lupa sih?

4. Berkurban

Ada tradisi yang wajib dilakukan ketika Idul Adha, yaitu berkurban. Nah, buat kita yang sudah mampu melaksanakan kurban, sebaiknya lakukan kurban sesuai dengan kemampuan kita, tapi jangan korban perasaan lho ya hehehe.

5. Jangan Mengeluh

Punya masalah? Jangan mengeluh, guys. Kalau bisa alihkan mindset untuk selalu bersyukur atas segala cobaan yang kita hadapi. Allah SWT akan menguji umat-Nya yang kuat. Anggap saja kita akan naik ke kelas yang lebih tinggi.

6. Melihat Ke Bawah

Bukan berarti melihat ke atas itu nggak boleh, tetapi alangkah baiknya kita juga bisa melihat ke bawah supaya rasa syukur kita semakin ditambah dan mendapatkan pelajaran yang sangat berarti dalam diri kita, masya Allah.

7. Kagum

Kagum itu adalah sifat yang wajar dan pasti dimiliki oleh setiap orang ketika melihat sesuatu yang bagus dan indah. Kagum yang diiringi rasa syukur itu keren banget, guys. Tapi jangan sampai rasa kagum membuat kalian lupa segalanya.

Yup, itulah ketujuh cara bersyukur versi responden yang menjawab di Instagram story yang ku buat. Jawaban dari mereka membuatku semakin bersyukur karena memiliki teman-teman yang baik, memiliki mindset positif, dan smart.

Bagaimana dengan pendapat kalian, guys? Sharing dan tulis yuk mengenai cara bersyukur yang kalian lakukan pada kolom komentar di bawah, semoga artikel ini bermanfaat ya. Jangan lupa ibadah hari ini, and see you guys on my next article.

*****