Malam itu pikiranku terasa jenuh dan penat, aku pun menyadari bahwa obat satu-satunya yang mampu menghilangkan kejenuhan tersebut adalah traveling, dan seketika itu pula aku mengatur rencana untuk melakukan traveling ke Bondowoso Jawa Timur.

Kabupaten yang di apit oleh Banyuwangi, Situbondo, dan Jember ini memiliki beberapa keindahan alam yang sangat indah untuk di explore.

Setelah mencari beberapa informasi mengenai destinasi wisata Bondowoso melalui instagram, akhirnya aku memutuskan untuk mengunjungi sebuah air terjun dan pemandian air panas yang berasal dari belerang Gunung Ijen.

Langsung saja keesokan harinya aku berangkat menuju Bondowoso bersama sepupuku menggunakan motor matic. Perjalanan kami tempuh sekitar 1.5 jam dari rumahku di Situbondo dan melewati berbagai jenis jalan mulai dari jalan aspal yang bagus, jalan berbatu, dan jalan yang masih tanah.

Selain itu, sepanjang perjalanan aku juga disuguhi dengan pemandangan hijau mulai dari pegunungan, hutan pinus, sawah, dan kebun kopi. Aku bersyukur banget masih bisa merasakan keindahan alam Indonesia.

Alam yang hijau, bersih, indah, dan sejuk terpancar seakan mengajakku untuk mensyukuri ciptaan-Nya. Masya Allah!!! aku gak perlu pergi ke luar negeri untuk menikmati keindahan alam, karena negeriku sendiri sudah sangat indah.

Wah, Niagara di Amerika?

Tujuan utamaku adalah air terjun Niagara Mini, mengapa namanya Niagara? Karena air terjun ini memang hampir mirip dengan air terjun Niagara yang asli di Amerika guys. Cukup membayar biaya parkir motor sebesar 5 ribu rupiah, aku bisa merasakan keindahan air terjun Niagara Mini.

Sejuk, menenangkan, dan cukup membuat rasa jenuh dan penatku hilang seketika. Melihat anak-anak kecil yang bermain air di kolam yang berada di dekat air terjun membuatku bahagia karena dapat merasakan kebahagiaan dari anak kecil tersebut.

“Kita tidak pernah punya waktu untuk menjadi diri kita sendiri. Kita hanya punya waktu untuk menjadi bahagia.”

Albert Camus

Cukup lama aku menghabiskan waktu dan menikmati air terjun Niagara Mini ini guys, ah pokoknya seru banget deh kalau kalian kesini. Banyak rombongan lain yang juga enjoy the waterfalls bersama keluarga dan teman-temannya.

Berendam Air Panas ala Jepang

Setelah cukup puas menikmati air terjun Niagara Mini, aku pun melanjutkan perjalanan untuk berendam di kolam air panas ala Jepang. Letak kolam air panas ini tidak terlalu jauh dengan air terjun Niagara Mini, cukup melakukan perjalanan sekitar 5 menit menggunakan motor.

Air panas yang berasal dari belerang Gunung Ijen ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun internasional. Selain bisa menyembuhkan berbagai penyakit, berendam di air panas juga dapat membuat otot-otot kita menjadi rileks dan segar, fasilitas yang tersedia berupa :

\

Musholla

Aku bahagia banget dengan fasilitas yang satu ini guys, kita tetap bisa menjalankan shalat ketika traveling.

\

Kantin

Gak perlu khawatir haus atau pun lapar, karena di sekitar kolam air panas juga tersedia kantin dengan harga terjangkau.

\

KM Bilas

Kamar mandi bilas digunakan untuk membilas diri sehabis berendam, airnya pun langsung dari sumber mata air.

\

Parkir Luas

Buat pengunjung yang membawa kendaraan pribadi, di sini juga dilengkapi dengan parkir yang cukup nyaman dan luas.

Ini merupakan pengalaman pertama kalinya aku berendam di air panas Bondowoso. Tempatnya pun unik banget seperti kolam pemandian air panas yang ada di Jepang yang dilengkapi dengan kursi-kursi kecil.

Setelah puas berendam di air panas, aku pun memutuskan untuk pulang dan menikmati keindahan pemandangan lainnya serta mencari tempat yang bisa mencicipi secangkir kopi khas Bondowoso.

Hal Unik yang Ku Temui

Aku memang suka banget traveling menggunakan motor, karena banyak banget hal unik dan seru yang ku temui di sepanjang perjalanan. Sayang banget kan kalau dilewatkan untuk foto hehehe (emang dasar narsis lu bang wkwkwk). Jadi, dengan menggunakan motor aku bisa berhenti kapanpun dan dimanapun.

Terbukti dong, di sepanjang perjalanan pulang aku menemukan sebuah tempat yang asyik banget untuk merenung yaitu padang savana dengan latar belakang pegunungan. Sumpah!!! tempat ini keren banget guys.

Di padang savana banyak banget pengunjung yang ku temui sedang berfoto atau pun hanya sekedar menikmati indahnya pemandangan. Cuaca yang sedikit mendung tak menyurutkan semangatku untuk berfoto di tempat seindah ini.

Sore pun datang dan aku berjumpa dengan petani yang baru pulang dari kebun. Petani tersebut masih memanfaatkan bantuan kuda sebagai alat transportasi untuk membawa hasil panen dari sawah dan perkebunan. Sungguh pemandangan yang asyik banget, karena selama ini kita sudah jarang banget menemui hal seperti itu.

Nah, Bondowoso ini juga salah satu kota penghasil kopi Java Ijen Raung yang baru-baru ini mampu memukau para pecinta kopi mancanegara guys. Berhubung aku juga pecinta kopi, maka aku menyempatkan diri untuk mampir melihat proses pembuatan kopi dan mencicipi kopi arabika khas Bondowoso secara langsung.

Tampak beberapa ibu-ibu yang membersihkan biji kopi dari kotoran setelah di panen. Tak lama kemudian ada seorang bapak-bapak menghampiriku dan berkata “Mas, mau nyicip kopi Bondowoso? Suka arabika atau robusta?”, langsung saja aku jawab arabika hehehe.

Rasa kopinya enak banget dengan aroma yang khas dan disajikan dengan cangkir klasik. Selain kopi,  aku juga di beri beberapa makanan ringan sebagai makanan pendamping kopi. Bagiku, traveling itu memang perlu untuk membuat pikiran kita kembali fresh dan semangat, karena hanya dengan semangat dan bahagia lah produktivitas kita akan meningkat.

Jenuh? Traveling Yuk!!!

Traveling adalah obat yang sangat mujarab untuk menghilangkan jenuh dan penat, dan traveling ke alam adalah pilihan terbaik. Jadi, ketika kita sudah merasa jenuh dengan rutinitas sehari-hari, yuk rencanakan liburan ke alam. Bagiku, traveling paling asyik adalah naik kendaraan pribadi guys.

Wah, kayaknya seru tuh bang naik kendaraan pribadi? Iya dong. Terus kalau aku pengen bawa motor pribadi atau mobil gimana bang? Kan ribet bawanya apalagi lintas pulau dan lintas negara, terus gimana caranya bang? Tenang aja kali, kan sekarang zaman sudah canggih hehehe.

Jadi, kalau kalian gak sempat bawa kendaraan pribadi untuk lintas pulau dan lintas negara, kalian gak usah khawatir lagi guys. Sekarang sudah ada AUTOMO yang dapat membuat traveling kalian menjadi berkesan.

Emang AUTOMO apaan sih bang? Nah, AUTOMO adalah sebuah platform penyedia layanan rental kendaraan online dan juga penyedia sopir untuk beberapa kepentingan yang akan kita lakukan. Selain itu, AUTOMO juga menyediakan charter pesawat dan kapal lho, asyik banget kan?.

 

 

Platform ini di desain untuk membantu kita menemukan kebutuhan transportasi secara mudah dan juga menyediakan paket trips and tours. AUTOMO ini bekerja sama dengan vendor yang ada di Indonesia dan Singapura yang menyewakan mobil biasa hingga mobil mewah dengan harga yang sangat worth it.

Kenapa Harus Automo?

Mungkin pertanyaan berikutnya adalah kenapa sih harus AUTOMO? Jadi, AUTOMO ini memiliki beberapa alasan kenapa kalian harus menggunakan platform tersebut untuk kegiatan traveling kalian guys, seperti :

Simple

Cara pemesanannya mudah banget dan gak ada biaya tambahan lain atau masalah yang tak terduga. Pokoknya asyik banget perjalanan menggunakan AUTOMO.

Transparency

Di AUOTOMO semua serba transparan tanpa adanya kerahasiaan. Konsumen dapat membuat keputusan berdasarkan apa yang kita pilih lho, keren kan?.

Variative

Mitra dari AUOTOMO menyediakan berbagai macam pilihan kendaraan biasa hingga mewah untuk memenuhi kebutuhan sesuai dengan acara dan anggaran kita.

Safe

Portal yang digunakan sangat ketat dan selalu di pantau oleh tim AUOTOMO untuk memastikan kendaraan memiliki kualitas baik demi kenyamanan konsumen.

Nah, itulah keempat alasan kenapa traveling harus menggunakan layanan rental kendaraan dari AUTOMO guys. Kehadiran AUTOMO memang sangat membantu kegiatan traveling kita, terbukti dari survey kecil-kecilan pada 15 September 2018 kemarin melalui Instagram stories tentang “untuk acara apa sih rental mobil?”, dan ternyata kebanyakan menjawab untuk aktivitas traveling.

Kebetulan banget nih guys, AUTOMO memiliki beberapa keunggulan yang akan memudahkan aktivitas kita. Platform rental ini kendaraan akan membuat traveling atau acara kalian menjadi sangat menyenangkan dan gak ribet.

AUTOMO ini cocok banget digunakan untuk kegiatan traveling, wedding, business, project dan kebutuhan transportasi lainnya. Oh iya guys dari pada penasaran, simak yuk keseruan traveling yang aku lakukan di Bondowoso melalui video di bawah ini.

Seru banget kan jalan-jalan hemat ala aku? Hehehe, dan buat kalian yang penasaran dengan destinasi wisata ini, langsung saja menuju ke Bondowoso Jawa Timur guys. Caranya gimana bang? Gampang banget guys, yuk simak cara menuju ke Bondowoso di bawah ini.

Via Darat

Jadi, kalau kalian ingin ke Bondowoso via darat dari arah barat, kalian bisa melewati jalur pantura mulai dari Surabaya hingga Situbondo guys. Setelah sampai Situbondo, kalian bisa langsung mengambil arah selatan menuju Bondowoso.

Via Udara

Selain darat, kalian juga bisa menggunakan pesawat lho. Caranya pilih rute penerbangan ke Jember, dari Jember kalian bisa naik bis menuju kota Bondowoso. Setelah sampai Bondowoso, kalian harus sewa mobil atau motor menuju TKP.

Nah, dari penjelasan di atas, aku memilih menggunakan motor guys karena banyak pelajaran seru dan pengalaman berharga yang aku dapatkan, mulai dari menikmati keindahan air terjun yang mirip dengan air terjun di Amerika, berendam di air panas panas ala Jepang, transportasi kuda yang digunakan oleh petani, hingga melihat langsung proses memproduksi biji kopi mulai dari panen hingga siap minum.

Asyiknya traveling dengan kendaraan pribadi itu bisa mendapatkan pengalaman-pengalaman baru yang tak terduga guys. Jadi, ketika kalian traveling dan butuh layanan rental mobil, motor, pesawat, dan kapal, AUTOMO lah jawabannya.

Bukan hanya itu saja, di AUTOMO kita juga bisa bergabung sebagai vendor lokal dan mendaftarkan armada yang kita miliki untuk disewakan melalui jaringan website yang luas. So, Booking your ride is as easy as a click away with AUTOMO, see you on my next holiday.