Pelukan? Ya, aktivitas ini boleh kalian lakukan kepada pasangan kalian yang sudah halal, orang tua, saudara, sahabat, bahkan kakak/adik kalian sendiri, guys.

Pelukan bukan hanya sebagai makna kasih sayang lho, tetapi pelukan juga memiliki berbagai manfaat lain yang mungkin kalian sendiri belum mengetahuinya hehehe. Pelukan juga bukan aktivitas “mesum” yang menjurus ke aktivitas negatif.

Kalau kalian memiliki pemikiran yang luas, pelukan bisa kalian lakukan kapan pun dan di mana pun. Tapi, apakah mungkin orang yang melihat akan berpikiran positif? Hal inilah yang akan menimbulkan omongan yang nggak enak.

Manfaat Pelukan yang Wajib Diketahui

Maka dari itu, supaya kalian nggak berpikiran buruk tentang pelukan, simak yuk beberapa manfaat pelukan di bawah ini agar kalian memahami makna pelukan dan selalu berpikiran positif ketika melihat orang lain pelukan.

manfaat pelukan

Jadi, beberapa manfaat pelukan yang akan ku bahas ini sudah diteliti dan ternyata pelukan memiliki manfaat secara FISIOLOGIS yang positif terhadap kesehatan dan suasana hati, guys (sumber : kompas).

1. Menghilangkan Kesepian

Manfaat pertama adalah menghilangkan kesepian. Jadi, ketika kalian melakukan aktivitas pelukan, maka tubuh kita akan memproduksi hormon oksitosin. Hormon inilah yang mampu bekerja pada pusat emosi otak, sehingga membantu meningkatkan perasaan puas, percaya, akrab, dan saling terikat.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Kedua, pelukan dapat mencegah penyakit jantung lho. Kok bisa, Bang? Karena hormon oksitosin juga mampu membuat kita menjadi lebih rileks dan menurunkan ketegangan serta kadar hormon stres. Nah, pelukan yang dilakukan secara teratur mampu mencegah penyakit jantung.

3. Mengatur Emosi

Kalian sering emosi? Makanya sering-sering pelukan ya hehehe. Pelukan juga dapat meningkatkan kadar dopamin, guys. Dopamin inilah yang mengatur respon emosional dan sinyal otak. Bagus juga nih buat kalian yang sering merasa depresi. Mudah banget kan obat untuk mengatur emosi?

4. Mengatasi Mood

Susah mengatasi mood? Tenang, caranya adalah pelukan. Selain memproduksi hormon oksitosin, pelukan juga memproduksi hormon serotonin lho, sehingga kalian bisa mengatur emosi dengan baik. So, buat kalian yang mengalami bad mood, coba deh lakukan pelukan.

5. Mengurangi Stress

Kelima, produksi hormon seperti oksitosin, kortisol dan serotonin dapat membuat kita merasa lebih baik, sehingga dapat mengurangi tingkat stress yang ada di dalam diri kita. Luangkan waktu sejenak untuk memeluk seseorang agar kita merasa lebih tenang dan nyaman, sehingga produktivitas kita meningkat.

6. Meningkatkan Sistem Imun

Pelukan akan menimbulkan sentuhan, maka tubuh kita akan merespon dan mengaktifkan Solar Plexus Chakra. Hal ini menyebabkan keseimbangan produksi sel darah putih di dalam tubuh kita, sehingga dapat membuat kita lebih sehat dan menguatkan sistem imun.

7. Memberi dan Menerima

Manfaat terakhir adalah belajar untuk memberi dan menerima. Tahu sendiri kan bahwa pelukan itu terdiri dari min 2 orang? Jadi, ketika melakukan pelukan, maka akan ada pihak yang memberi dan menerima. Pastinya perasaan tersebut akan menunjukkan EQUAL VALUE antara pihak 1 dan lainnya.

Tuh kan banyak banget manfaat positif dari pelukan untuk kesehatan. Pastinya beberapa manfaat pelukan di atas sudah melalui tahap riset dan trusted banget. Lalu, alasan apalagi untuk nggak pelukan? Jangan lupa ibadah hari ini, and see you guys on my next article.

****