Blogging! Ya aktivitas yang tergolong baru bagiku karena setahun belakangan ini aku aktif menjadi seorang content creator. Mungkin kalian sudah sering membaca artikelku mengapa aku memutuskan menjadi fulltimer blogger.

Sebetulnya aku juga mengajar di salah satu perguruan tinggi swasta sebagai coach, itu pun hanya menyalurkan hobi di bidang musik yang ku miliki dan juga sebagai status sosial, karena tetangga kanan kiri di kampungku pasti bertanya-tanya tentang pekerjaanku.

Sebelum terjun ke dunia blog, aku adalah seorang karyawan di perusahaan perbankan swasta milik negara tetangga. Banyak sekali yang bilang “Kenapa resign bang? Kan enak pasti dapat gaji bulanan”. Menurutku, bekerja di bank bukanlah passion-ku. Aku lebih suka pekerjaan yang sesuai dengan hobi dan passion.

Selain itu, aku juga salah satu orang yang nggak setuju dengan kalimat “Keluarlah dari zona nyaman jika ingin sukses”. Menurutku, tidak semua orang bisa meninggalkan zona nyaman termasuk diriku sendiri.

Apakah harus relasi yang sudah kita bangun selama bertahun-tahun harus kita tinggalkan? Akhirnya aku lebih memilih “Ekspansi zona nyaman”. Alhasil setelah aku kembali ke zona nyaman dan mengekspansi zona nyamanku, aku memiliki penghasilan dan prestasi yang lebih besar dari pada pekerjaanku sebelumnya.

Menjadi seorang fulltime blogger adalah salah satu caraku untuk mengekspansi zona nyaman. Bagiku, fulltimer blogger ibarat pekerjaan freelance yang harus ku jalani dengan penuh semangat. Apakah aku khawatir akan penghasilan bulanan? Atau khawatir nggak ada job? Eitzzz, simak yuk 7 alasanku menjadi fulltimer blogger di bawah ini.

1. Freedom of Time

Memiliki waktu kerja yang fleksibel adalah alasan utama bagiku, karena aku termasuk salah satu orang yang nggak terlalu suka dengan office hour. Memiliki jam kerja yang fleksibel membuatku bekerja lebih efektif dan masih bisa melakukan aktivitas lain sesuai dengan passion-ku seperti musik, traveling, dll.

Bukan berarti dengan jam kerja yang fleksibel, aku menjadi malas dan tidak bersemangat. Justru malah sebaliknya guys, aku lebih produktif dan terbiasa dengan yang namanya deadline. Hal yang selalu aku terapkan adalah membuat schedule dan wishlist yang dapat membantuku bekerja lebih efektif.

2. Better Blogging

Seperti yang kita ketahui bahwa generasi millenial dan generasi Z saat ini lebih akrab dengan yang namanya sosial media. Banyak sekali dampak positif dan negatif dari sosial media seperti hate speech, penyebaran berita hoax, curhat di sosmed, marah-marah di sosmed, dll.

Aku pun berpikir bahwa aku harus selalu memberikan impact positif kepada para pembaca maupun pengikut sosial media yang ku punya, dan akhirnya aku memutuskan untuk ngeblog karena menurutku menulis di blog itu lebih baik dari pada curhat di sosmed, dengan kata lain “I can do something what I love”.

3. Spread The Happiness

Sesuai dengan tagline pada blogku yaitu “Spread The Happiness” membuatku termotivasi untuk selalu menyebarkan kebahagiaan kepada seluruh dunia. Kebahagiaan yang harus aku sebarkan ada 2, yaitu :

\

Information

Informasi apapun yang menarik bagiku, aku akan selalu mengangkat hal tersebut di blogku agar seluruh pembaca mengetahui tentang informasi yang mereka butuhkan.

\

Experiences

Pastinya aku juga sering menulis beberapa pengalaman pribadiku di dalam blog seperti pengalaman traveling ke suatu tempat, destinasi wisata, hobi, dan lifestyle.

Dua kebahagiaan diatas harus selalu ku sebarkan melalui tulisan-tulisan di blog agar dapat memotivasi pembaca untuk melakukan hal terbaik dalam hidupnya agar lebih bahagia.

4. Learn by Others

Yup, dengan blog aku dapat mempelajari banyak hal dari orang lain seperti bagaimana membuat desain grafis yang bagus, editing video, cara penulisan, dll yang sesuai dengan apa yang diharapkan oleh pembaca.

Jadi, tidak ada alasan untuk tidak belajar karena dengan blogging aku mendapat banyak pelajaran berharga dan pelajaran baru. Hal yang paling seru adalah ketika mengikuti sebuah kompetisi, disini kita dituntut untuk berkompetisi secara sehat dan dibuktikan dengan karya.

5. Keep Relation and Connection

Setahun fokus ngeblog Alhamdulillah aku mendapat banyak teman even sekedar chat dan DM via sosmed. Memiliki banyak teman di berbagai daerah merupakan hal yang sangat seru bagiku, dan setiap aku traveling ataupun ada project di luar kota, aku selalu mengajak blogger di daerah tersebut untuk meet up dan sharing.

Dengan begitu, aku bisa melakukan silaturahmi dan mendapatkan ilmu baru dari mereka. Sungguh pengalaman yang tak terlupakan ketika aku bisa menemui salah satu blogger jawara di daerah Jawa Tengah bulan Agustus kemarin.

6. Famous by Achievement

Siapa sih yang nggak ingin terkenal? Terkenal karena sensasi atau prestasi? Hehehe, kalau aku lebih memilih terkenal karena prestasi dong. Jadi, awal terjun ke dunia blog adalah ingin terkenal melalui tulisan dan branding guys.

Alhamdulillah sejauh ini banyak teman-teman baru yang ku kenal dan mereka mengenalku melalui sebuah prestasi dan karya yang ku hasilkan. Bagiku, ini adalah hal yang sangat luar biasa dan membuatku lebih semangat untuk ngeblog dan menyebarkan kebahagiaan melalui tulisan.

7. Be A Hunter

Alasan terakhir adalah harus menjadi seorang hunter. Hunter apaan emang bang? Project Hunter lah hehehe, karena aku tahu bahwa penghasilan yang ku dapat tiap bulan dari blog adalah hasil dari mencari sebuah atau beberapa buah project maupun kompetisi.

Menjadi hunter adalah caraku untuk tetap memiliki produktivitas dan juga merupakan salah satu cara agar aku giat dalam bekerja. Kita sendiri lah yang bisa menentukan seberapa besar penghasilan yang akan kita dapatkan.

Tujuh alasan diatas merupakan alasan yang membuatku tetap semangat ngeblog dan belajar menjadi seorang content creator yang kreatif, inovatif, dan inspiratif. Ada beberapa hal yang sudah ku rasakan setelah terjun ke dunia blog, diantaranya :

\

Waktu

Memiliki manajemen waktu lebih baik.

\

Membaca

Lebih semangat membaca buku.

\

Kompetitif

Memiliki jiwa kompetisi yang sehat.

\

Belajar

Menerima kekalahan dan evaluasi.

\

Objektif

Lebih objektif dalam menilai sesuatu.

\

Penghasilan

Memiliki penghasilan luar biasa.

Bagiku, ngeblog bukanlah sekedar menulis, tetapi apa manfaat dan efek yang ditimbulkan oleh pembaca ketika membaca tulisan kita, itulah yang terpenting. Apalagi saat ini banyak perusahaan yang melirik terhadap dunia digital marketing, dan blogger lah salah satu garda depan untuk mempromosikan produk suatu perusahaan.

Pastinya setelah menjalani aktivitas blogging selama 1 tahun, aku memiliki beberapa harapan terhadap dunia blog khususnya kepada blogger yang ada di Indonesia agar dunia blog semakin berkembang. Harapan-harapan ini sebetulnya sebagai masukan juga kepada diriku sendiri guys hehehe.

Lebih Kreatif

Seorang blogger itu harus kreatif, jangan hanya mem-posting karya orang lain. Tulislah hasil karya kita sendiri dengan cara yang kita miliki dan pastinya jujur. Kreativitas dalam hal ide tulisan, desain, dan gambar yang digunakan harus menarik pembaca dan nyaman dengan blog kita.

Mencoba Inovatif

Inovasi itu perlu lho agar karya yang kita miliki semakin menarik dan ramai pengunjung. Tujuannya agar pembaca tidak merasa bosan dengan konten yang kita buat. Salah satu inovasi yang ku kembangkan pada konten yang ku buat adalah memberi vlog di beberapa tulisan.

w

Harus Inspiratif

Alangkah bahagianya ketika konten yang kita buat sangat menginspirasi orang lain. Maka dari itu mulai sekarang kita harus mencoba membuat konten yang inspiratif guys. Konten yang inspiratif bagiku adalah konten yang dapat memberikan efek secara langsung kepada pembaca.

Itulah 3 poin harapan terbesarku kepada para blogger termasuk kepada diriku sendiri agar menghasilkan sebuah konten yang berkualitas. Selain itu, aku juga memiliki beberapa harapan terhadap dunia blog di Indonesia seperti :

\

Lebih banyak lagi perusahaan yang bekerja sama untuk memasarkan produknya.

\

Lebih banyak lagi generasi kreatif yang terjun di dunia blog sehingga lebih berkembang.

\

Lebih dipertimbangkan lagi profesi blogger agar sejajar dengan profesi lainnya.

\

Lebih berkurang lagi bahkan tidak ada blogger yang suka copy paste karya orang lain.

Aku berharap semoga harapan-harapan yang ku tulis diatas terkabul dan semakin banyak blogger yang menyadari bahwa ngeblog itu bukan hanya sekedar “uang”, tetapi harus bertanggung jawab atas konten yang mereka buat.

Semoga tulisanku ini dapat menginspirasi para pembaca dan berharap ada beberapa yang memberikan masukan di kolom komentar sebagai perbaikan untuk tulisanku berikutnya.

Blogging itu asik ketika kita sudah menemukan ritme dan seni di dalamnya. Pastinya beberapa alasan diataslah yang membuatku jatuh cinta kepada dunia blog. Berkaryalah dengan hati, maka kita akan mendapatkan balasan yang setimpal dari karya yang kita miliki. See you on my next article with another happiness I got.