Bukan hal yang baru lagi jika masyarakat saat ini lebih suka melakukan transaksi keuangan, khususnya adalah pembayaran secara cashless, dibandingkan dengan pembayaran yang dilakukan secara tunai. Hal ini sebenarnya bukan tanpa alasan, melainkan karena ada semakin banyak toko atau gerai yang ada di Indonesia yang menawarkan jenis layanan pembayaran tersebut, yaitu dengan menggunakan mesin EDC, masyarakat sendiri juga sudah punya fasilitasnya sehingga lebih mudah digunakan.

Pembayaran yang dilakukan dengan mengandalkan sebuah mesin seperti halnya EDC ini memang sebuah inovasi yang menguntungkan bagi masyarakat, dimana nantinya kalian sendiri nggak perlu repot-repot membawa banyak uang tunai, begitu juga dengan resiko-resiko yang mungkin saja terjadi dengan melakukan pembayaran secara cash ini dapat dihindari atau dikurangi, sehingga nantinya lebih aman, kalian nggak perlu khawatir lagi akan resiko penyebaran uang palsu salah dalam memberikan kembalian.

Syarat Untuk Bisa Melakukan Transaksi Lewat Mesin EDC

Guna bisa melakukan transaksi melalui mesin EDC, paling nggak ada beberapa syarat yang harus dimiliki, diantaranya adalah:

  • Toko menyediakan layanan transaksi dengan mesin EDC, karena nggak semua gerai atau toko yang ada di Indonesia punya layanan transaksi lewat mesin ini, banyak juga diantaranya yang nggak punya, sehingga harus dicek terlebih dahulu, pastikan juga bahwa mesin tersebut masih bisa digunakan dalam bertransaksi.
  • Memiliki fasilitas untuk transaksinya, baik itu dengan menggunakan kartu kredit, kartu debit atau bahkan dengan memakai scan kode QRIS. Sarana-sarana tersebut yang nantinya akan digunakan dalam menunjang transaksi menjadi lebih mudah.
  • Saldo mencukupi, percuma punya kartu debit atau layanan mobile banking, namun ternyata saldo yang ada didalamnya nggak mencukupi untuk digunakan dalam melakukan transaksi, otomatis nantinya permintaan tersebut akan mengalami penolakan bukan.

Tips Aman Bertransaksi Melalui Mesin EDC

Selanjutnya penting juga bagi kalian untuk mengetahui mengenai tips aman bertransaksi lewat mesin EDC ini, karena nggak dapat dipungkiri terkadang juga ada resiko seperti pencurian data dan sejenisnya, ikuti langkah-langkahnya berikut, yaitu:

  1. Hindari memperlihatkan PIN transaksi kalian kepada orang lain, bagian utama yang paling penting disini adalah jangan sampai nantinya PIN transaksi kalian tersebut dilihat oleh orang lain, karena bisa sana nantinya akan disalahgunakan oleh oknum yang nggak bertanggung jawab. Selanjutnya pastikan bahwa kalian menutup bagian mesin tersebut ketika akan melakukan transaksi dengan menggunakan tangan, sehingga akan lebih aman.
  2. Pastikan pandangan kalian nggak terlepas dari kartu tersebut saat sudah diberikan kepada kasir, karena resiko-resiko yang nggak diinginkan nyatanya juga sangat mungkin terjadi, seperti diantaranya adalah kartu tersebut akan jatuh dan hilang atau dibawa pergi oleh orang lain. Sehingga sebagai bentuk pengamanan maka penting untuk nggak melepaskan pandangan pada kartu yang sudah diberikan kepada kasir.
  3. Cek kembali mengenai nominal yang dimasukkan oleh kasir pada saat bertransaksi, ini penting karena ada kemungkinan juga jumlah yang dimasukkan nantinya melebihi angka as yang harus dibayarkan, sehingga sebagai konsumen harus selektif dalam hal ini. Bahkan selepas transaksi tersebut atau kegitan struck sudah keluar, maka kalian juga harus mengecek kembali apakah nilainya sudah sesuai ataukah nggak.
  4. Pastikan untuk mengambil kartu kalian setelah transaksi selesai dan memasukkannya kedalam. Hal ini juga kerab kali terjadi dimana memang lupa saat ingin membawa kartu tersebut, pada akhirnya kartu ketinggalan dan hilang.
  5. Ganti PIN secara berkala, guna memastikan transaksi tetap aman, apalagi dari resiko scammers atau pencurian data, maka pastikan bahwa kalian selalu aktif dalam melakukan penggantian PIN ini, yaitu dilakukan secara berkala, senggaknya adalah 3 bulan sekali.

Mesin EDC dapat dijadikan sebagai solusi bagi para pelaku usaha yang ingin berinovasi, yaitu dengan menawarkan layanan pembayaran secara lebih bervariatif, sehingga nantinya jangkauan konsumen juga lebih luas dibandingkan dengan sebelumnya. Kalian dapat melakukan pengajuan atau permintaan dalam pembuatan mesin ini secara mudah, diantaranya adalah online lewat aplikasi Merchant BCA, sebelum itu download terlebih dahulu aplikasinya di Playstore maupun melalui Appstore.

*****