Olahraga merupakan kegiatan penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Dengan olahraga, selain mendapatkan kebugaran dan kesehatan, olahraga juga dapat membentuk tubuh menjadi ideal dan terlihat atletis. Kesibukan seseorang seringkali menjadi alasan utama untuk tidak berolahraga walaupun hanya sekedar joggingdipagi hari maupun berenang dikala weekend. Yup padatnya schedulekerja maupun kuliah seringkali menghambat seseorang untuk tidak berolahraga. Sebetulnya permasalahan utama adalah bukan karena tidak memiliki waktu luang, tetapi belum ada niat yang pasti untuk melakukan olahraga. Setiap orang memiliki waktu setidaknya satu jam menganggur dan tidak melakukan aktifitas apapun. Terkadang waktu luang tersebut hanya digunakan untuk bermalas-malasan dikasur dan bermain handphone. Cobalah mulai saat ini, waktu luang tersebut kita gunakan untuk hal yang lebih produktif misalnya olahraga.
Triceps Exercise

Olahraga tidak harus dilakukan di sport area, gymnasium, atau tempat olahraga lainnya. Olahraga bisa juga kita lakukan dirumah kita sendiri lho smart people. Alat? Tidak perlu khawatir dengan alat yang kita miliki dirumah coz we can use anything what we have. Nah sudah tidak ada alasan lagi kan untuk tidak melakukan olahraga walaupun hanya satu jam?. Home workoutmerupakan salah satu istilah yang digunakan untuk melakukan olahraga dirumah. Selain home workout, saat ini juga sudah banyak komunitas-komunitas street workout yang biasanya exercise dilakukan ditempat umum seperti taman kota, arena kampus, lapangan kompleks perumahan, dll. Basicly, home workout danstreet workout memiliki konsep yang sama yaitu berolahraga menggunakan alat yang biasa kita kenal sehari-hari tanpa harus pergi ke gymnasium dengan tujuan menambah massa otot. Alat yang biasa digunakan adalah botol air mineral yang diisi air maupun pasir, kursi, meja, dan ada juga teknik yang dinamakan calisthenics yaitu teknik membentuk massa otot yang menggunakan berat badan kita sendiri. Home workout dan street workout saat ini memaang sudah sangat menjamur dikalangan masyarakat kekinian. Selain menghemat waktu dan biaya, home workout dan street workoutjuga tidak harus membayar biaya member bulanan seperti di gymnasium yang sangat mahal sehingga membuat kita malas untuk berolahraga right?.

Latihan Otot Sayap
Beberapa jenis exercise yang bisa kita lakukan dari home workout danstreet workout adalah latihan push up, pull up, leg raises, sit up, jump, skot jump, dll. Push up disini berfungsi sebagai pembentukan otot dada atas dan dada bawah. Pull up berfungsi sebagai pembentukan otot back shoulder, lengan, triceps, biceps, dan otot perut. Skot jump berfungsi untuk mengoptimalkan pembakaran lemak, melatih sistem kerja tulang dan otot, dan membentuk pinggul. Tips untuk melakukan home workout dan street workout adalah sebagai berikut :
  •  Persiapkan 2 buah botol air mineral berukuran 1,5 liter yang telah diisi air atau pasir, meja, dan kursi serta alat pendukung lainnya.
  •    Tentukan scheduledan pola latihan yang tidak mengganggu aktifitas utama.
  •  Latihan teratur minimal seminggu 4x dan maksimal 5x, gunakan 2 hari untuk istirahat atau gunakan untuk latihan cardio misal berenang.
  •  Sehari lakukan 1x exerciseuntuk menjaga agar otot kita tidak mengalami stres.
  •  Persiapkan makanan yang mengandung protein seperti telur, kacang-kacangan, susu high protein,daging, ikan dll.
  •  Exercise minimal 30 menit dan maksimal 60 menit saja.
Biceps Execise

Terkadang mindset kita berpikiran bahwa semakin sering latihan akan semakin cepat dalam proses pembentukan tubuh, nah ini adalah mindset yang salah lho smart people. Otot kita juga memerlukan yang namanya istirahat dari exercisekarena menjaga otot kita agar tetap baik dan tidak mengalami cidera. Exerciseyang salah contohnya adalah melakukan latihan lebih dari 1x dalam sehari dan mencampur pola latihan otot misalnya otot biceps dan triceps secara bersamaan. Mencampur pola latihan seperti ini hanya akan membuat otot menjadi pecah dan tidak menjadi bentuk seperti apa yang kita inginkan. Beberapa larangan mencampur pola latihan adalah tidak boleh mencampur latihan otot bicepsdan triceps, tidak boleh mencampur latihan otot pada back shoulder dan chest. Hal yang paling penting adalah jangan beristirahat terlalu lama saat kita latihan, supaya tetap menjaga otot-otot kita tetap berkontraksi. Dalam 1x latihan back shoulder misalnya dilakukan 15x repetisi dalam 1 set latihan dan saat pindah ke set berikutnya cukup istirahat sekitar 10-15 detik saja. Untuk pindah ke latihan lain cukup istirahat 1-2 menit saja sambil mengatur pola pernapasan kita. Berikut contoh tabel pola latihan yang dapat kita terapkan sehari-hari dengan durasi waktu latihan maksimal 60 menit :

Day 1
Day 2
Day 3
Day 4
Day 5
Day 6
Day 7
Back shoulder, Triceps, Perut
Chest, Biceps, kaki, dan bisa ditambah perut
Rest
Back shoulder, Triceps, Perut, bisa ditambah kaki
Chest, Biceps, Kaki, dan bisa ditambah perut
Rest or you can exercise Back shoulder, Triceps, Perut
Rest or you can use this time for swim
Home workout dan street workout bisa kita tarik kesimpulan bahwa tidak ada alasan lagi untuk tidak berolahraga. Selain simple, murah, dan fleksibel, home workout dan street workout juga memberikan kita nilai plus yaitu membuat bentuk tubuh menjadi ideal dengan bentuk yang atletis. Home workout dan street workout juga mengajarkan kita bahwa it’s simple to be an atletic man. Kenapa simpel? Karena tidak menggunakan alat-alat yang mahal seperti yang kita ketahui di gymnasium. Dan jangan beralasan bahwa alat seadanya tidak akan membentuk tubuh atletis dan ideal, heiii come on guys broadly think please. Tanamkan mindset bahwa olahraga semata-mata demi kesehatan dan kebugaran, apabila mendapat bentuk tubuh yang atletis itu adalah bonus bagi kita. So, let’s do exercise guys and use your free time more productive and stay think positive to  your life.