Tau gak lu bilyard apaan men? yup sebuah permainan sekaligus olahraga otak yang berupa meja dan dilengkapi dengan bola-bola warna-warni dan Cue Stick  yang panjang (wow) apadeh wkwkkwk. Nah olahraga yang satu ini nih men favorit gw banget, karena selama bermain bilyard banyak pelajaran yang gw dapat tentang apa itu kehidupan, permainan, teknik dan juga percintaan halah apaseh gw hahaha lengkap banget deh pokoknya men. Jadi jangan selalu berasumsi  bahwa anak yang suka bilyard adalah anak malas, selo alias gak ada kerjaan, dan berandal. Gw kasih tau nih yah, permainan bilyard itu mengajarkan kita untuk :

SABAR

Maksudnya sabar disini adalah dalam memasukkan urutan bola ke dalam pocket alias lubang pada pinggiran meja bilyard. Bola yang dimasukkan harus berurutan mulai dari angka awal sampai angka akhir. Begitu juga dalam kehidupan nih men kita juga harus bersabar dalam mencapai tujuan yang kita inginkan. Dan semuanya harus berurutan sesuai dengan apa yang sudah kita rencanakan. Walaupun dia bukan jodoh kita, pasti suatu saat kita akan diberikan yang lebih baik dari dia eaaaaaa wkwkkw.

IKHLAS

Permainan ini juga mengajarkan kita untuk ikhlas men, contohnya saja apabila kita ingin memasukkan bola 3 terkadang yang masuk adalah bola 7 karena efek back spin (putaran bola berbalik arah), tapi jangan sedih dulu men walaupun maksud hati ingin memasukkan angka 3 tetapi yang masuk angka 7, lu masih punya kesempatan untuk berusaha memasukkan lagi. Nah dalam kehidupan sehari-hari pun pasti semua orang punya rencana ataupun impian yang akan dicapai, belum tentu cara yang sudah kita lakukan bakalan sesuai dengan rencana. Terkadang plan B lebih dulu terlaksana dari pada plan A, dan itu pun kita masih memiliki kesempatan untuk melaksanakan plan A yang sudah kita buat. Intinya asal ikhlas pasti Tuhan akan memberikan yang terbaik buat kita. Yah walaupun lu suka sama cewe X tapi yang deketin lu cewe Y gpp men terima saja. Siapa tau cewe X sudah memilih cowo lain (eh maap hahaha).

PANTANG MENYERAH

Foul atau salah sasaran itu gak masalah men walaupun lu nyodok bola 3 tapi yang kena bola 7 itu artinya teknik yang kita gunakan mungkin ada yang kurang atau salah men. Masih ada giliran berikutnya, nah di giliran berikutnya lu perhatiin teknik dan sasaran lu sebaik mungkin. Intinya jangan terlalu buru-buru dalam mengambil keputusan, karena sesuatu yang terburu-buru akan mengakibatkan kegagalan dalam melakukan apa yang sudah kita rencanakan. Sebetulnya bukan gagal men tapi tidak tepat sasaran saja hehehe. Kalau di giliran berikutnya lu masih gagal lu jangan menyerah men, hidup didunia ini kita memang dituntut untuk banyak belajar and never give up. Jangan selalu menganggap apa yang lu lakukan itu salah tapi emang tidak benar sih hahaha (canda men), sebetulnya apa yang kita lakukan itu gak salah men, karena kita sudah berusaha. Dan untuk hasilnya sendiri itu Tuhan yang mengatur dan menguji seberapa sabar kita dalam berusaha men.

 SILATURAHMI

Sumpah demi apapun yang ada di dunia ini, gw banyak teman gara-gara bilyard men. Rasulullah pun menyarankan kita untuk silaturahmi karena dapat menambah rejeki kita men ada quote yang mengatakan bahwa “banyak teman banyak rejeki”, selain itu silaturahmi juga dapat memperpanjang umur kita men, silaturahmi juga yang menyebabkan kita masuk surga, kemuliaan dan kedamaian (subhanallah yah).

 Gw punya quote yang gw bikin sendiri nih men dan gw suka banget dengan quote nya.

 “Dalam sebuah permainan bilyard itu, pemenang adalah bukan siapa yang paling banyak memasukkan bola, tetapi siapa yang memasukkan bola terakhir dialah pemenangnya”. (Joe Candra P, 2014)

Lu tau gak maksudnya apa? Nih gw kasih tau maksud quote tersebut dalam beberapa versi (asek hahha)

VERSI KEHIDUPAN

Maksudnya adalah dalam kehidupan pun SUKSES itu bukan siapa yang paling banyak memiliki harta, tetapi SUKSES itu adalah siapa yang bisa membuktikan bahwa dia BISA dan bukan hanya sekedar harta. Kata “BISA” yang gw maksud banyak maknanya men, silahkan diinterpretasikan sendiri hehhe. Karena kesuksesan adalah bukan perbandingan lu dengan orang lain, melainkan dengan diri lu sebelumnya.

VERSI PERCINTAAN

Bukan siapa yang paling banyak ngasih kado atau apapun lah kepada seorang cewe, tapi siapa yang bisa meluluhkan kedua orang tuanya, dialah yang akan menjadi suaminya eaaaaa (sambil nangis dipojokan trus muter lagunya Mapala-Judika).

VERSI AGAMA

Dalam agama pun yang mendapat pahala bukan siapa yang paling banyak beramal tapi pamer dimana-mana, melainkan siapa yang beramal walaupun sedikit tapi ikhlas lahir batin dialah yang mendapatkan pahala.

Dan masih banyak lagi versi-versi yang lain hehehe. Kalau ditanya sampai kapan gw main bilyard, gw bakal jawab sampai kapanpun. Karena selain olahraga, otak kita juga bekerja men hehehe itulah  tadi celotehan gw men namanya juga Just Share My Mind. Pesan gw hanya satu “always think positive” karena semua itu pasti ada ilmu dan pelajaran yang berharga untuk kita semua.