Besuki? Ya. Salah satu kecamatan paling barat yang ada di Kabupaten Situbondo. Saat ini pengembangan beberapa destinasi wisata yang ada di Besuki semakin pesat, salah satunya adalah Plaza Rengganis.

Nah, berhubung aku mau mengunjungi Plaza Rengganis, maka aku mampir dan bermalam di rumah temanku di Besuki, guys. Lalu, malam harinya aku nongkrong untuk menikmati malam di Besuki (walaupun jomblo sih, namanya juga singlelillah hehehe amin).

Ternyata disini ada sebuah café yang asik banget dengan konsep klasik dan arsitektur yang instagramable banget lho, dan menurutku ini adalah satu-satunya café di Situbondo yang unik dan wajib dikunjungi.

Café di Situbondo

Kecamatan Besuki lumayan jauh dari pusat kota Situbondo, yaitu sekitar 50-60 menit perjalanan. Akan tetapi jika kalian dari arah barat, maka Besuki ini dekat dengan PLTU Paiton. Jadi, sebelum memasuki kota Situbondo kalian akan memasuki Besuki terlebih dahulu, guys.

Asiknya Nongkrong di “Besuki Tempo Doloe“

Yup, namanya adalah Besuki Tempo Doloe. Bangunan ini merupakan bangunan peninggalan Belanda yang disulap menjadi sebuah café yang kere. For your information nih bahwa di Besuki banyak banget bangunan-bangunan peninggalan zaman penjajahan lho.

Café di Situbondo

Beuhhh ngeliat tampak depannya saja aku langsung jatuh cinta (apalagi ngeliat kamu *eh wkwkwk). Halaman depan cukup untuk memarkir beberapa motor dan mobil, kalian nggak usah khawatir kehabisan lahan parkir, guys.

Pada bagian depan, terlihat banget bahwa Besuki Tempo Doloe ini merupakan bangunan lama karena pilar-pilar bangunan dan jendelanya khas arsitektur Belanda, ditambah dengan properti sebuah motor vespa tua menambah kesan klasik.

Café di Situbondo

Café ini menambah koleksi dunia per-café-an di Situbondo dan mendukung banget wisatawan yang ingin menikmati beberapa destinasi wisata Situbondo. Menurutku, kehadiran café tersebut dapat menjadi daya tarik tersendiri dan menambah pendapatan masyarakat SItubondo.

Café di Situbondo Murah dan Klasik

Terkadang ada beberapa wisatawan yang ingin menikmati wisata malam ketika berlibur ke daerah tertentu. Jadi, kalau kalian mau berkunjung dan nongkrong di Situbondo nggak usah khawatir lagi, guys.

Café di Situbondo

Harga yang ditawarkan pun worth it banget mulai dari IDR 3K doank lho, amazing banget kan? Aku pun terkejut terheran-heran pertama kali mengunjungi sebuah café di Situbondo yang satu ini hehehe. Aku pun memesan secangkir cappuccino seharga IDR 12K.

Café di Situbondo

Hal yang paling menyenangkan adalah melihat bangunan bersejarah dan beberapa ornamen yang klasik seperti mesin jahit kuno, foto-foto zaman dahulu, lampu klasik, dan juga dilengkapi dengan kursi khas zaman dahulu.

Café di Situbondo

Besuki Tempo Doloe memiliki beberapa pilihan tempat, diantaranya ada di bagian teras depan, tengah, dalam, dan bagian belakang yang terasa hommy banget.

Aku memilih tempat duduk di bagian tengah, yaitu tepat berhadapan dengan kasir dan bar, supaya bisa foto-foto bagus hahaha (dasar pemburu konten lu, bang). Iya dong, aku kan ingin memberikan informasi seputar café di Situbondo pada kalian semua.

Café di Situbondo

Sebelum berkunjung ke suatu tempat, pasti kalian ingin tahu kan fasilitas yang diberikan oleh tempat tersebut? Jadi, Beberapa fasilitas yang diberikan dan dibutuhkan oleh anak zaman now adalah :

Tempat Duduk yang Beragam

Koneksi Internet (WiFi)

Toilet Bersih

Spot yang Photoable

Speaker untuk Musik

Parkiran Luas

Pelayanan yang diberikan cukup bagus dan bikin kalian betah (cieee betah). So, buat kalian yang masih penasaran dengan café di Situbondo yang satu ini, kalian bisa langsung cek kenarsisanku pada video berikut ini, guys.

Gimana, keren banget kan? Pastinya dong hehehe. So, dengan kehadiran Besuki Tempo Doloe dapat meningkatkan kunjungan wisatawan domestik dan internasional, serta menyukseskan program Tahun Kunjungan Wisata Situbondo 2019.

Aku berharap semakin banyak spot yang menjadi daya tarik di Kabupaten Situbondo agar Situbondo semakin dikenal di kancah nasional maupun internasional, lebih bagus lagi jika semakin banyak café yang menyajikan kopi Situbondo sebagai sajian utamanya.

Yup, Besuki Tempo Doloe merupakan salah satu café di Situbondo yang wajib kalian kunjungi, guys. Terima kasih banyak buat kalian yang sudah berkunjung, jangan lupa ibadah hari ini, and see you on my next article.

*****