Sepeda gunung atau MTB merupakan jenis transportasi yang sering digunakan untuk melaju di berbagai medan. Sepede ini juga memungkinkan kita bisa melintasi jalan raya hingga kondisi jalan bebatuan di pegunungan. Ketika pertama kali ingin memiliki sepeda gunung, pasti kamu akan kebingungan memilihnya karena banyak jenis dan merk yang tersedia di pasaran, kan?

Seperti halnya para produsen sepeda ternama yakni, United, Polygon, Viva Cycle hingga berbagai jenis produsen lainnya memproduksinya. Oleh sebab itu, kali ini aku akan memberikan rekomendasi sepeda gunung yang cocok dipakai pemula. Apa saja? Yuk, cek daftarnya di bawah ini!

1. Viva Cycle

rekomendasi sepeda

source : YouTube

Tak perlu merogoh kocek terlalu dalam, guys, merk sepeda gunung Viva Cycle ini harganya terjangkau lho. Selain harganya yang bersahabat, sepeda ini pun juga memiliki rangka yang kuat. Mereka menawarkan 21 jenis opsi gear yang bisa mengendalikan kecepatan supaya lebih fleksibel ketika digunakan.

Tak hanya sampai situ saja, rangka dari produk sepeda gunung buatan Viva Cycle ini pun sudah menggunakan hi-ten steel yang sangat berkualitas. Berkat rangkanya yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi membuat sepeda gunung ini tetap eksis dibawa melintasi medan ekstrim serta sulit patah juga, keren banget, kan?

2. Polygon Bikes

rekomendasi sepeda

source : sepeda.me

Polygon punya sepeda yang irit karena kita nggak perlu mengeluarkan banyak dana untuk perawatan rem, dan juga bantingan dari sepeda ini pun sangat empuk lho. Masalah pengeremannya kita hanya perlu mengeluarkan dana minim berkat adanya sistem v-brake pada sepeda ini.

Selain itu, sepeda ini pun juga mampu meredam guncangan secara optimal berkat sistem zoom suspension fork yang dimilikinya. Pastinya ketika kita mengendarai sepeda ini untuk melintasi jalanan bebatuan akan terasa empuk dan nyaman.

3. United bike

rekomendasi sepeda

source : m.inkuiri.com

Sepeda ini dirancang khusus buat kamu yang nggak mau repot saat mengganti rodanya karena sangat mudah melepasnya. Sedangkan pada sistem penggantian giginya, kita hanya perlu menggunakan telunjuk dan jempol supaya lebih mudah. Sadel dari sepeda ini pun juga empuk dan nyaman saat diduduki karena sudah menggunakan sadel keluaran dari Velo.

Sepeda ini cocok banget buat kita yang ingin mencoba traveling tanpa rasa sakit karena sadelnya yang keras. Supaya kita lebih nyaman dan betah ketika memakai sepeda ini, tak lupa United menambahkan shockbreaker empuk, guys.

4. Pacific

rekomendasi sepeda

source : gowesgo.com

Sepeda Pacific ini punya banyak pilihan dalam hal pengaturan gear. Mereka memberikan fleksibilitas ketika kita ingin mengganti posisi gear yang lebih baik untuk menentukan kecepatan berkendara. Harga yang ditawarkan lebih ekonomis dan menghadirkan rem hidrolik, sepeda ini sudah menggunakan frame alloy sehingga sepeda ini memiliki rangka tahan karat serta lebih ringan juga. Selain itu, Pacific terkenal akan produk sepeda lipat.

5. Thrill

rekomendasi sepeda

source : sepeda.me

Sepeda Thrill ini dibuat menggunakan rigid frame yang membuatnya lebih stabil saat dikendarai serta ketika sedang berbelok. Bahkan kitajuga bisa lebih mudah menaikkan dan menurunkan gear sesuai kebutuhan berkat shifter Shimano yang terkenal kualitasnya pada sepeda ini.

Dibuat melintas di kota maupun off-road? No problem, karena sepeda ini sudah menggunakan suspensi Zoom 525D yang empuk dan cukup tangguh untuk melintasi segala medan. Sepeda ini pun juga cocok dan nyaman dipakai pria maupun wanita. Cocok banget nih buat kamu yang ingin punya sepeda unisex berkualitas mumpuni.

Nah, itulah daftar sepeda gunung yang bisa ku rekomendasikan untuk pemula. Ketika ingin membelinya perhatikan komponen dari sepeda tersebut serta medan yang akan dilalui, ya, supaya kita bisa menemukan jenis sepeda yang pas dipakai. Tertarik memiliki sepeda yang mana nih, guys?

*****